Rabu, 19 Maret 2008

BINTANG JASA UTAMA

D0190308000997 19-MAR-08 KSR JKT

BINTANG JASA UTAMA BAGI MANTAN DUBES BOSNIA DAN HERZEGOVINA


London, 18/3 (ANTARA) - Mantan Duta Besar Bosnia dan Herzegovina untuk Indonesia, Zdravco Rajic menerima Bintang Jasa Utama dari Presiden RI, atas upayanya dalam menjalin dan meningkatkan hubungan dan kerjasama antara kedua negara.


Duta Besar Indonesia untuk Republik Hongaria merangkap Republik Kroasia, Bosnia Herzegovina dan Republik Mecedonia, Mangasi Sihombing menyerahkan tanda kehormatan dari Presiden Republik Indonesia kepada Zdravco Rajic yang pernah bertugas di Indonesia selama tiga tahun dari 2002 sampai 2005.


Arena Sri Victoria, Sekretaris I, Pensosbud KBRI Budapest kepada ANTARA London, Selasa mengatakan bahwa penyerahan Bintang Jasa Utama kepada Zdravco Rajic dilakukan dalam upacara yang diadakan di Sarajevo, ibukota negara Bosnia dan Herzegovina itu mendapat perhatian dan liputan dari media setempat.


Mantan Dubes Zdravko Rajic selama menjalankan tugasnya di Indonesia banyak berkunjung ke daerah sehingga ia memahami benar jiwa dan budaya Indonesia dan mengagumi keindahan alam Indonesia.


Dubes Rajic yang kini bekerja di sebuah perusahaan patungan di Libya menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Luar Negeri Hasan Wirajuda dan juga kepada seluruh bangsa Indonesia.


Dalam sambutannya dalam bahasa Indonesia yang fasih, Zdravko Rajic, mengatakan bahwa ia ingin menyampaikan terimakasih kepada rakyat Indonesia dan juga para sahabatnya di berbagai daerah seperti di Betawi, Sumatera, Sunda, Minangkabau, Aceh, Jawa Tengah, Arek-Arek Suroboyo, Pontianak, Batak, Manado, Bali dan orang lain di Indonesia.


"Dari Lubuk hati yang dalam saya menyampaikan terimakasih kepada orang-orang Indonesia dan Republik Indonesia yang saya cintai," ujar Zdravko Rajic, yang selalu memuji keramahtamahan masyarakat dan keindahan Indonesia.


Upacara penyematan Bintang Jasa Utama dilanjutkan dengan resepsi diplomatik dihadiri sekitar 40 undangan yang terdiri atas pejabat tinggi pemerintah Bosnia dan Herzegovina, anggota parlemen, duta besar negara sahabat, pengusaha, tokoh masyarakat, pers dan anggota keluarga Dubes Rajic.


Dubes Rajic menceritakan awal perkenalannya dengan Indonesia pada tahun 1955, pada waktu Bung Karno, Presiden Pertama Indonesia, seusai Konferensi Asia-Afrika berkunjung ke Sarajevo dari Beograd.


Waktu itu Rajic terpilih bersama lima siswa lainnya untuk ikut menjemput Presiden Soekarno di stasiun kereta api Sarajevo. "Saya masih ingat benar setelah dikalungi bunga, Bung Karno mengelus satu persatu kepala siswa-siswi dimaksud dengan pesan agar tekun belajar," ujarnya mengenang.


Dubes Sihombing dalam sambutanya selain menguraikan jasa Dubes Rajic juga menjelaskan program Visit Indonesia Year 2008 dan upaya promosi dagang, investasi dan wisata melalui Expo Indonesia Pertama untuk Kawasan Eropa Tengah dan Timur yang akan digelar pada Mei mendatang di Warsawa. (U-ZG/B/M007)(T.H-ZG/B/M007/M007) 19-03-2008 12:36:01


Tidak ada komentar: