Rabu, 05 Maret 2008

RI DAN MAKEDONIA


London, 3/3 (ANTARA) - Hubungan RI-Makedonia menunjukkan arah yang positif dengan meningkatnya kunjungan pejabat pemerintah kedua negara, serta saling dukung atas pencalonan masing-masing negara pada keanggotaan badan-badan internasional.

Hal itu terungkap pada pertemuan Duta Besar RI untuk Makedonia, Mangasi Sihombing dengan Ketua Parlemen Republik Makedonia, Ljubisha Georgievski, akhir pekan bertempat di Gedung Parlemen Makedonia di Skopje.
Sekretaris Kedua Politik, KBRI Budapest Fajar Nuradi, kepada ANTARA London, Senin, mengatakan bahwa pertemuan itu antara lain juga membicarakan upaya-upaya memanfaatkan peluang dan tantangan bagi peningkatan kerja sama yang saling melengkapi dan menguntungkan antara RI-Makedonia.
Ketua Parlemen Makedonia Ljubisha Georgievski menggarisbawahi perlunya peningkatan saling kunjung pejabat pemerintah/legislatif dan para pengusaha kedua negara dalam rangka mengintensifkan hubungan bilateral RI-Makedonia.
Untuk itu , pihaknya menyambut baik rencana kunjungan Menlu Makedonia Antonio Milososki, Menteri tanpa portofolio Urusan Investasi Makedonia Gligor Tashkovic serta Kadin dan Misi Dagang Makedonia ke Indonesia pada tahun ini.
Georgievski juga menyampaikan penghargaan atas kerja sama saling dukung antara Indonesia-Makedonia pada pencalonan masing-masing negara dalam fora internasional dan berbagai bentuk kerja sama yang saling menguntungkan kedua negara.
Guna lebih mengoptimalkan hubungan kerja sama kedua negara, maka diharapkan Pemerintah RI dapat mempertimbangkan pembukaan Perwakilan RI di Skopje.
Perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas antara RI-Makedonia yang ditandatangani September lalu akan memberikan sumbangan bagi peningkatan hubungan baik antar pemerintah dalam peningkatan saling kunjung pejabat pemerintah kedua negara.
Selain itu untuk lebih mempercepat peningkatan kerja sama investasi dan perdagangan, diharapkan kedua negara dapat segera menandatangani persetujuan promosi dan perlindungan penanaman modal, dan persetujuan penghindaran pajak berganda. (U-ZG) /B/A011) (T.H-ZG/B/A011/A011) 04-03-2008 07:55:01

Tidak ada komentar: