Kamis, 06 Oktober 2011

KELAS MEMBATIK

MURID SD BODOSSAKIO ATHENA IKUTI KELAS MEMBATIK

London, 7/10 (ANTARA) - Sekitar 300 murid Sekolah Dasar Bodossakio, Kantza, Athena mengikuti presentasi mengenai Indonesia dalam rangka "Indonesian Day" di sekolah tersebut dan mendapat menjelasan mengenai batik.

Kegiatan pengenalan batik berlangsung dalam rangka peresmian pembukaan kelas membatik yang untuk pertama kalinya diadakan sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler sekolah, demikian Sekretaris Pertama KBRI Athena, Jani Mediawati Sasanti kepada Antara London, Jumat.

Pembukaan kelas membatik dan presentasi mengenai Indonesia digagas Eleni Grafakou, penerima Darmasiswa dari Yunani TA 2006/2007, yang sekarang menjadi salah satu pengajar seni di sekolah tersebut .

Untuk lebih menampilkan atmosfer Indonesia Eleni Grafakou mengundang tim tari KBRI Athena untuk menampilkan tarian tradisional Indonesia.

Di hadapan sekitar 300 murid sekolah dan guru, Eleni Grafakou mengawali presentasi dengan menunjukkan kepada para siswa dimana letak Indonesia secara geografis. Ia juga memberikan keterangan singkat tentang pulau-pulau besar di Indonesia serta Bali, yang menurutnya merupakan salah satu pulau dengan pantai terindah di dunia.

Presentasi yang diiringi dengan cd musik gamelan Bali, ia juga menjelaskan tentang arsitektur rumah-rumah adat di Indonesia seperti rumah Gadang di Minangkabau, Tongkonan di Toraja dan Joglo di Jawa serta arsitektur peninggalan sejarah Indonesia candi Borobudur dan Prambanan.

Decak kagum murid terdengar ketika Eleni menunjukkan foto-foto flora dan fauna khas Indonesia seperti bunga Raflesia Arnoldi dengan diameter sekitar satu meter serta Orang Utan yang terlihat jinak bergelantungan di leher penjaganya.

Grafakou juga memaparkan mengenai kesenian Indonesia dengan memperlihatkan foto wayang kulit dan wayang golek, yang menurutnya hampir mirip dengan wayang Yunani ?Karagiozi?.
Presentasi yang berlangsung di teater sekolah ini dilanjutkan dengan pengenalan mengenai seni membatik.

Diterangkan bahwa pembuatan batik sangat unik dan tradisional, namun hasilnya sangat indah.

Disebutkannya kedua warisan budaya yaitu Wayang dan Batik telah mendapat pengakuan dari UNESCO dan ia juga mengajak murid-murid kelas IV-VI untuk mengikuti kelas ekstrakurikuler membatik yang diajarkannya.

Sebagai akhir presentasi, para siswa mendapat penjelasan tentang tarian daerah Indonesia dan sebagai kejutan adalah penampilan penari Indonesia yang terdiri dari anak-anak keluarga KBRI dan warga masyarakat yang mempersembahkan tari Indang dari Sumatra Barat serta tari Belibis dari Bali dan mendapat tepuk tangan meriah dari seluruh siswa.

Dubes RI untuk Yunani, Ahmad Rusdi, menyambut penyelenggaraan Indonesian Day di Sekolah Dasar Bodossakio dan menyatakan dukungan dan partisipasi KBRI dalam ?Indonesian Day? sangat positif sebagai sarana untuk diseminasi informasi mengenai Indonesia
Diharapkannya siswa SD dapat mengenal Indonesia sebagai negara yang kaya akan keragaman seni dan budaya sejak usia dini. Selain itu promosi edukatif ini juga diharapkan dapat lebih meningkatkan hubungan kedua negara terutama di tataran people-to-people contact.

Sekolah Dasar Bodossakio yang dikelola Hellenic American Educational Foundation dan lebih dikenal dengan nama "Athens College", merupakan salah satu sekolah ternama di Yunani bahkan di Eropa, salah satu alumnus dari Athens College adalah PM Yunani George Papandreou, memiliki siswa sekolah dasar sekitar 450 orang.

Sementara itu, penerima beasiswa program Darmasiswa Eleni Grafakou yang beberapa kali mengadakan pameran seni di Athena yang dalam karyanya berkolaborasi antara seni membatik dan seni terapan mengajar pada beberapa kelas seni terapan pada Pusat Kebudayaan dan Seni Maroussi dan Kifisia, Athena, dan salah satu teknik seni yang diajarkan adalah seni membatik.

Eleni Grafakou yang berpartisipasi pada World Batik Summit di Jakarta atas kerja sama KBRI Athena dan Yayasan Batik Indonesia memberikan presentasi tentang perkembangan batik di Yunani dan kendala yang dihadapinya selama ini dalam mengajarkan batik di Athena.***4***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E001/E001) 07-10-2011 09:19:44

Tidak ada komentar: