Jumat, 28 Oktober 2011

PENGUSAHA RUSIA

PENGUSAHA RUSIA INCAR PRODUK INDONESIA

London, 18/10 (ANTARA) - Pengusaha Rusia dari Moskow, St. Petersburg, dan Krasnodar mengincar produk furniture & handicrafts, cocoa powder & spices, palm oil, dan seafood dari Indonesia.

Sekretaris Kedua Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana, dalam keterangannya kepada ANTARA London, Selasa, menyebutkan sejumlah pengusaha Rusia akan menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) ke-26 Tahun 2011 di Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta dari tanggal 19 hingga 23 Oktober mendatang.

Beberapa perusahaan dari Rusia yang akan meramaikan TEI-2011, di antaranya sudah lama menjalin usaha dengan Indonesia sebagai importer, seperti "Mebel Indonezii", "Red Apple", dan "Livad".

Di samping itu, terdapat pula pengusaha dari Moskow, St. Petersburg, dan Krasnodar yang baru melakukan penjajakan atau mencari peluang kerja sama.

Kuasa Usaha Ad-Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Dian Wirengjurit, mengatakan dalam TEI 2011 ini para pengusaha Rusia dapat memilih berbagai produk Indonesia dengan mutu dan harga yang kompetitif.

Ditambahkan mereka dapat pula melihat potensi-potensi Indonesia dan menjajaki mitra usaha yang tepat.

"Berbagai macam produk yang berkualitas, berdaya saing, dan berstandar internasional yang dipamerkan di Trade Expo Indonesia 2011 dapat menjadi pilihan para pengusaha Rusia untuk dipasarkan di Rusia," kata Dian.

Kerja sama perdagangan kedua negara terus mengalami peningkatan yang berarti.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, total perdagangan Indonesia dan Rusia tahun 2010 sebesar 1,68 milyar dollar AS atau meningkat sebesar 0,91 milyar dollar dari tahun 2009 yang tercatat sebanyak 0,77 milyar dollar.

Sementara itu, total perdagangan bilateral Indonesia dan Rusia periode Januari-Juli 2011 mencapai 1,48 milyar dollar atau naik 67,63 persen dari periode yang sama tahun 2010 yang hanya sebesar 883 juta dollar.

Komoditi utama ekspor Indonesia ke Rusia terdiri dari minyak dan protein hewani, vegetable fat (Refined, bleached and deodorized (RBD) palm and coconut oil, palm stearin, cocoa butter, pengganti cocoa butter, palm kernel oil), furniture, teh dan kopi, peralatan kelistrikan, rokok, sepatu, pakaian, coklat, mesin, karet, dan elektronik.

Rusia adalah pasar yang potensial bagi produk-produk Indonesia. Keaktifan hubungan dan kerjasama para pelaku bisnis Indonesia dan Rusia dapat meningkatkan volume perdagangan kedua negara.

Selama ini, banyak produk Indonesia yang masuk ke Rusia melalui pihak ketiga. ***5***
(ZG/
(T.H-ZG/B/A027/A027) 18-10-2011 12:08:56

Tidak ada komentar: