Jumat, 28 Oktober 2011

UAE KUNJUNGI BI

SEJUMLAH PIMPINAN PERUSAHAAN PERBANKAN UAE KUNJUNGI BI

London, 21/10 (ANTARA) - Konjen RI Dubai, Mansyur Pangeran memimpin 30 pemimpin perusahaan perbankan dan keuangan syariah UAE bertemu dengan Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah, yang didampingi Direktur Perbankan Syariah BI, Mulya Siregar, beserta jajarannya, termasuk salah satu Direktur Bank Mandiri Syariah.

Dalam pertemuan itu Konjen didampingi Counsellor Ekonomi Heru Sudrajat dan Sekretaris Pertama Ekonomi Fajar Nuradi dalam rangkaian kunjungan Delegasi UAE Islamic Financial Services (UIFS) ke Indonesia, ujar Sekretaris Pertama/Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya dalam keterangannya kepada ANTARA London, Jumat.

Dikatakannya pertemuan yang berlangsung interaktif dan konstruktif tersebut antara lain untuk mengetahui lebih mendalam mengenai kebijakan nasional tentang keuangan, regulasi dan sistem perbankan, khususnya terkait kepemilikan saham, perkembangan sektor perbankan syariah di Indonesia, serta peluang-peluang investasi dalam keuangan dan perbankan syariah di Indonesia.

Pertemuan yang berlangsung di Gedung A Bank Indonesia, Jakarta, mencatat sejumlah ketertarikan dari Delegasi UIFS untuk menindaklanjuti peluang-peluang investasi keuangan dan perbankan syariah di Indonesia.

Kunjungan Delegasi UIFS ini merupakan hasil kerja sama antara KJRI Dubai dengan Kementerian Perdagangan Luar Negeri UAE, Dubai Export Development Corporation (DEDC) dan KPMG yang didukung oleh Direktorat Timur Tengah, Ditjen Aspasaf Kementerian Luar Negeri RI. Diharapkan akan tercapai transaksi bisnis antara Indonesia dan United Arab Emirates, khususnya di sektor perbankan dan keuangan syariah.
Misi utama kunjungan Delegasi UAE Islamic Financial Services antara lain untuk menjajaki lebih jauh mengenai potensi dan peluang investasi pada sektor perbankan dan keuangan syariah di Indonesia dengan tujuan untuk membuka peluang bisnis bagi masing-masing pengusaha untuk menanamkan investasinya ke Indonesia.

Beberapa hal yang mendasari kunjungan Delegasi UIFS antara lain pertumbuhan perekonomian Indonesia yang sangat kondusif dan atraktif bagi investasi dan perdagangan.

Para CEO/ eksekutif manager tersebut menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia 2011 di Kemayoran JIExpo Center?Jakarta dan bertemu dengan Dirjen Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI dan melakukan pertemuan dengan Kementerian Keuangan.

Menurut rencana hari ini Delegasi UIFS juga akan bertemu dengan Ketua Umum KADIN Pusat, para Direktur Utama bank-bank milik negara, seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), para Ketua asosiasi terkait antara lain Ikatan Bankir Indonesia (IBI), Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) dan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Dalam rangkaian kunjungan Delegasi UIFS, KJRI Dubai, DEDC dan KPMG menyelenggarakan seminar sehari di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta dengan tema "Indonesia's Islamic Financial Services: Opportunities and Challenges".

Seminar yang dibuka secara resmi Deputi Gubernur Bank Indonesia Dr. Halim Alamsyah, tersebut dihadiri Under Secretary Kementerian Perdagangan Luar Negeri UAE, CEO DEDC, KPMG, pelaku perbankan kedua negara dan otoritas perbankan, keuangan, fiskal dan perpajakan Indonesia. ***5***
(ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 21-10-2011 12:19:07

Tidak ada komentar: