Jumat, 28 Oktober 2011

SENI KONTEMPORER

KARYA SENI KONTEMPORER INDONESIA DIPAMERKAN DI INGGRIS

London, 16/10 (ANTARA) - Sebanyak 12 karya seni kontemporer Indonesia yang merupakan karya lukis Heri Dono digelar dalam pameran bertajuk "Madman Butterfly" di Rossi & Rossi Gallery, 16 Clifford Street, London, Inggris.

"Apresiasi terhadap karya seni kontemporer Indonesia saat ini semakin meningkat, khususnya di Inggris, termasuk karya Heri Dono yang terinspirasi berbagai figur mitologi dan seni Indonesia seperti wayang dan kereta kencana yang dilukis menyerupai karakter kartun modern," ujar Kepala Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI London, Herry Sudradjat, kepada koresponden ANTARA, Minggu.

Karya seni kontemporer Indonesia karya seniman Heri Dono yang menarik perhatian masyarakat Inggris dipamerkan selama sebulan mulai tanggal 14 Oktober hingga 24 November mendatang.

Menurut Herry Sudradjat, sebelumnya juga digelar pameran seni kontemporer Indonesian bertajuk "Eye: Fantasies and Realities" yang digelar di Saatchi Gallery London (1 September-9 Oktober 2011), lalu pameran tunggal karya lukis Heri Dono, seniman kontemporer Indonesia di salah satu galeri terkenal di London.
Pembukaan pameran lukisan dengan "private view" yang baru saja digelar itu dihadiri pejabat KBRI London serta berbagai kalangan pecinta seni di Inggris.

Heri Dono direncanakan akan memberikan seminar dan workshop pada awal November 2011.

Kebanyakan karya lukis yang ditampilkan Heri Dono merefleksikan pemikiran dan pandangan pelukis atas dinamika sosial dan politik di Indonesia selama beberapa periode terakhir.

Heri Dono, salah satu seniman kontemporer terkemuka Indonesia yang karya seninya tidak hanya mencakup seni lukis, serta seni patung, karya instalasi dan teater sering ditampilkan dalam berbagai pameran kelompok maupun tunggal di seluruh penjuru Indonesia.

Pameran "Madman Butterfly" merupakan pameran pertama Dono di Inggris sejak karya seninya ditampilkan di dalam Pameran Blooming in Arms di Museum of Modern Art, Oxford pada tahun 1996.

Pameran kali ini akan berlangsung mulai dari tanggal 14 Oktober hingga 24 November mendatang. ***6*** (ZG)
(T.H-ZG/C/E011/E011) 16-10-2011 15:55:59

Tidak ada komentar: