Jumat, 28 Oktober 2011

UMAT MUSLIM INGGRIS

UMAT MUSLIM INGGRIS GELAR MANASIK HAJI DI HOTEL BERBINTANG

London, 16/10 (ANTARA) - Sekitar 500 umat Muslim di Inggris termasuk 25 calon haji asal Indonesia mengikuti acara manasik haji yang digelar travel haji "Hajj & Umra" yang digelar di Hotel Thistle London, Sabtu.

Manasik haji yang disampaikan Managing Director Hajj & Umra Travel Limited, Dr. Ali Jafari-Fini diikuti dengan penuh perhatian oleh seluruh calon jemaah haji asal Inggris yang datang dari berbagai kota diantaranya Manchester, Birmingham, Durham, dan Leeds.

"Pergi haji merupakan perjalanan 'once in a life time' bagi seseorang," ujar Dr. Ali Jafari Fini kepada koresponden ANTARA London, Sabtu.

Dikatakannya bahwa kali ini Inggris mendapat jatah haji sebanyak 2600 orang , termasuk 500 calon haji yang dikelola Hajj & Umra Travel yang telah melayani umat Muslim di Inggris sejak 50 tahun lalu.

"Kami merupakan pengelola Hajj & Umra yang pertama kali dari Inggris," ujar Dr. Ali lagi. Pihaknya secara khusus telah mencarter penerbangan Monarch Airlines guna mengangkut para calon haji dari Inggris dengan dua kloter. Kloter pertama akan berangkat pada tanggal 24 Oktober dari Inggris ke Madina, sementara kloter kedua pada tanggal 30 Oktober langsung ke Mekah.

"Kedua kloter tersebut sama-sama menguntungkan," ujar Dr. Ali yang sebulan lalu baru kembali dari Mekah.

"Kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada calon haji yang kami bimbing," ujarnya dan bahkan selama ini tidak ada masalah yang berarti.

Dalam acara manasik haji ini juga disampaikan tata cara baik persiapan, keberangkatan, hingga agenda selama berada di tanah suci yang diikuti oleh jamaah yang sangat antusias termasuk calon haji dari Indonesia.

Selain menyerahkan paspor yang telah mendapat visa dari Kedutaan Arab Saudi di Inggris dan agenda manasik, travel Hajj & Umra juga membagikan perlengkapan tidur baik kantong tidur, bantal, tanda pengenal, kartu perdana dan lain-lainnya. Kesemuanya terkemas dalam tas ransel yang nantinya akan dibawa jamaah ke tanah suci.

"Alhamdullilah visa haji kami sudah keluar," ujar Lies Parish, wanita bersuamikan pria Inggris yang lama mendambakan untuk bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

"Kalau di tanah air pasti harus nunggu lama, beda dengan di Inggris kita bisa langsung mendaftar ke travel haji yang segalanya diurus oleh travel baik mengurus visa haji di kedutaan Arab Saudi sampai pada penginapan dan transportasi selama di Medina dan Mekah.

Hal yang senada juga disampaikan Yulian Wihantoro yang akan menunaikan ibadah haji bersama sang istri Laksmi Wihantoro dan putra-putri mereka Baja dan dan Naya. "Saya senang visa haji kami berempat keluar," ujar Wihantoro yang tengah menuntur ilmu di Aston University, Birmingham.

Sementara calon haji asal Indonesia sebelumnya melakukan acara pelepasan atau Walimatul Safar serta manasik haji dibawah bimbingan Afrahul Fadilah yang akan menjadi kepala rombongan jemaah haji Indonesia dari Inggris yang berasal dari berbagai kota seperti London, Colchester, Birmingham, Durham, dan Newcastle.

Manasik haji yang diadakan di Indonesia Islamic Centre (IIC) di daerah Colindale, London berlangsung dengan khidmat dan diikuti oleh calon haji diantaranya terdapat mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di Inggris, staf lokal KBRI London serta beberapa orang wanita Indonesia yang menikah dengan pria Inggris diantaranya Caya Fairrie, Tessa Dennis, Sofie Russo, dan Lies Parish.

Acara pelepasan Walimatul Safar jemaah haji Indonesia digelar di IIC sedianya dilakukan Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Yuri Thamrin, namun karena kesibukan yang akan kembali ke tanah air.

Bimbingan manasik haji dilakukan Ustadz Hamim diikuti oleh seluruh calon haji dengan dipasang semacam Kabah di belakang halaman IIC sambil berkeliling serta menuntun bacaan yang harus dibaca selama mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali.

"Alhamdullilah calon jemaah haji Indonesia dari Inggris sudah mendapatkan visa dan tiket serta berbagai perlengkapan yang dibutuhkan waktu berada di Mina, dan saya harap rombongan yang akan saya bawa tidak akan mengalami masalah," ujar Afrahul Fadilah.

Dikatakannya dalam setiap kesempatan Ketua Muslimat NU UK itu selalu memberikan wejangan kepada calon haji untuk selalu bersabar, banyak bersyukur, dan ikhlas begitu pun selama di Mekah dan Medina untuk senantiasa memperbanyak istigfar, mohon ampun, dan berzikir. (ZG)
(T.H-ZG/B/A014/A014) 16-10-2011 09:04:17

Tidak ada komentar: