Selasa, 25 November 2014

BRUNEI

PAGELARAM BUDAYA TANDAI 30 TAHUN HUBUNGAN BRUNEI-RI
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 18/11 (Antara) - Pagelaram budaya  menandai peringatan  30 hubungan diplomatik Indonesia-Brunei Darussalam yang digelar KBRI Bandar Seri Begawan bekerjasama dengan Jabatan Penerangan Kantor Perdana Menteri Negara Brunei Darussalam dan sejumlah pemerintah daerah di Indonesia.

        Persembahan budaya dibawakan oleh Tim Kesenian Kotabaru dan Kalimantan Barat serta makanan khas Indonesia disajikan oleh Indonesian Chefs Association (ICA) Brunei Darussalam, demikian keterangan yang diterima Antara dari KBRI Bandar Seri Bengawan, Selasa.

        Hadir sebagai tamu kehormatan Putri  Hajah Masna binti Al-Marhum Sultan Haji Omar Ali Saifuddin Sa'adul Khairi Waddien, Ambassador-At-Large di Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Brunei Darussalam bersama  sekitar 200 orang terdiri dari korps diplomatik, pejabat senior pemerintah Brunei Darussalam, mantan Duta Besar Brunei Darussalam di Jakarta serta komunitas diaspora Indonesia.

        Serangkaian kegiatan digelar dalam memperingati 30 hubungan diplomatik Indonesia-Brunei Darussalam  sejak 14 hingga 17 November antara lain berupa pameran foto, kuliner dan budaya, digelar di The Core, Universiti Brunei Darussalam.

        Pameran tersebut antara lain memamerkan dokumentasi perjalanan sejarah hubungan diplomatik Indonesia-Brunei Darussalam sejak peresmian pembukaan hubungan diplomatik kedua negara pada 1 Januari 1984 hingga kunjungan Sultan Haji Hassanal Bolkiah ke Indonesia pada tahun 2014 untuk menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

        Selain di The Core, KBRI juga menggelar Pameran Produk dan Pertunjukan Budaya di The Mall, pusat perbelanjaan terbesar di Bandar Seri Begawan, peresmian pameran ditandai dengan pemotongan pita oleh Menteri Pendidikan Negara Brunei Darussalam Dr Awang Abu Bakar bin Haji Apong dan Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Nurul Qomar serta dihadiri korps diplomatik dan para pengusaha Brunei.

        Pameran produk diikuti  berbagai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah antara lain dari Kabupaten Banjar, Serang, Tulang Bawang, Gunung Kidul, Provinsi Kalimantan Barat, Sumatera Selatan serta Kamar Dagang dan Industri Daerah Istimewa Yogyakarta.

        Selain itu sejumlah pengusaha UKM Indonesia di bawah binaan Bank Rakyat Indonesia (BRI) serta pengusaha swasta lain seperti Kamea Danella, Griya Emmy¿s Collection dan Lia Afif Designs. Komunitas bisnis Brunei Darussalam yaitu Batik Desamas dan Ghanim Brunei Halal juga ikut berpartisipasi meramaikan pameran. Pameran juga turut dimeriahkan oleh pertunjukan budaya oleh Tim Kesenian Kotabaru dan Kalimantan Barat.

        Rangkaian kegiatan utama peringatan hari jadi ke-30 hubungan diplomatik Indonesia-Brunei Darussalam  diakhiri dengan temu bisnis yang mempertemukan komunitas bisnis Brunei Darussalam dan Indonesia  yang berlangsung di KBRI Bandar Seri Begawan.   ***1*** (ZG)
(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 18-11-2014 18:56:41

Tidak ada komentar: