Selasa, 25 November 2014

KOPI WTM

KOPI GAYO DIMINATI PENGUNJUNG WTM LONDON

          London, 5/11 (Antara) - Kopi Gayo dari Aceh dengan cita rasa yang khas diminati  pengunjung paviliun Indonesia yang mengusung tema Wondeful Indonesia  di pameran pariwisata WTM London yang berlangsung dari tanggal 3 sampai 6 November mendatang.

        "Indonesia coffee its different from other coffee, kopi Indonesia sangat enak beda dari kopi dan tidak perlu susu karena sudah enak, ujar Jurica Glavina dari Kroasia,   salah seorang pengunjung stand Coffee di paviliun Indonesia dalam ajang pameran pariwisata terbesar kedua setelah ITB Berlin yang berlangsung di gedung Excel, Selasa sore.

        Batista Coffee Indonesia, Anggasia Putra Situmeang kepada Antara London, Rabu mengatakan para pengunjung dan juga exibitor memiliki tanggapan yang berbeda untuk kopi Indonesia. "Mayoritas warga Eropa menyukai tastenya karena strong," ujar Angga, demikian  Anggasia Putra Situmeang biasa disapa.

        Beberapa warga Asia tidak suka dengan taste yang begitu strong, sehingga pembuatan kopi dilakukan tergantung dari keinginan dan permintaan pengunjung.

        Di booth Indonesia juga menyajikan kopi tarik yang merupakan penyajian cara tradisional asal Aceh. Ini merupakan salah satu daya tarik yang sekaligus dapat memperkenalkan keberagaman adat dan budaya kaya yang dimiliki oleh Indonesia.

         Kopi tarik memiliki taste yang sedikt ringan dan orang Asia rata-rata menyukai kopi tarik. Mereka sering menanyakan, dimana bisa mendapatkan kopi tarik. Sayangnya,  belum ada pasar di Eropa, ujar Anggasia.

        Menurut Anggasia, kopi Indonesia adalah kopi yang sangat terkenal hingga mancanegara, karena Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar setelah negara-megara bagian Amerika Latin.

        Dikatakannya Indonesia memiliki cita rasa kopi khas tiap daerah, seperti kopi Sumatera yang dikenal dengan spicy and earthy nya. Java dengan chocolaty tastenya, Toraja dengan floralnya dan berbagai macam taste dari daerah lainnya.

        Sumatera merupakan kopi yang sangat dikenal di negara bagian Eropa dan Amerika, ujarnya dan London salah satunya adalah penduduk yang sangat mengenal kopi Sumatera.

        Dalam pameran pariwisata WTM London, Anggasia menyiapkan Kopi  Arabika Gayo, Arabika Mandheling dan Robusta Sidikalang untuk  campuran kopi tarik.

        "Banyak pengunjung maupun exibitor di WTM  begitu tertarik ketika Indonesia menyajikan kopi asal Sumatera, khususnya Gayo,  dan bahkan  beberapa visitor and exibitor berminat untuk menjalin kerjasama dan komunikasi  lebih lanjut, ujar Anggasia Putra Situmeang yang pernah melakukan promosi kopi di  India, pada penyelengaraan ITB Berlin 2014, di Korea, Busan, Dubai, dan  di Jepang. (ZG)

(T.H-ZG/B/A. Lazuardi/A. Lazuardi) 05-11-2014 11:52:35

Tidak ada komentar: