Minggu, 28 Agustus 2016

WINA

DUBES: INDONESIA DIHADAPI BERBAGAI TANTANGAN 
     Zeynita Gibbons

      London, 18/8 (Antara) - Duta Besar RI di Wina, Rachmat Budima mengakui saat ini Indonesia tengah dihadapkan pada berbagai tantangan di dalam negeri maupun dinamika eksternal yang tidak ringan.

           Tantangan tersebut diantaranya tuntutan perbaikan ekonomi di dalam negeri di tengah kelesuan ekonomi global serta optimalisasi perlindungan warga negara Indonesia di luar negeri.
           Kondisi tersebut menuntut Pemerintah RI untuk dapat merespon secara cepat, tepat dan strategis di tengah situasi dunia yang semakin interconnected dan interdependen, ujar nya pada pidato dalam rangka peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71, yang diadakan  KBRI/PTRI Wina.
           Minister Counsellor, KBRI/PTRI Wina Dody Kusumonegoro kepada Antara London, Kamis, mengatakan upacara pengibaran bendera merah putih dihadiri sekitar 100 peserta yang terdiri dari pejabat dan staf KBRI/PTRI Wina, Dharma Wanita Persatuan, Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Austria (PPI Austria), serta wakil-wakil masyarakat Indonesia di Austria.

           Turut hadir dalam upacara berlangsung hikmat itu beberapa delegasi dari Indonesia yang tengah bersidang di Wina 
      Dalam sambutannya, Dubes menggarisbawahi arti penting memanfaatkan momentum peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai salah satu modal dasar pembangunan.

          Terkait hubungan bilateral Indonesia - Austria, Dubes  menyampaikan secara singkat beberapa perkembangan di bidang ekonomi, politik dan sosial budaya.
          Beberapa poin utama yang diangkat adalah sejumlah upaya KBRI/PTRI Wina untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke Austria melalui berbagai program promosi ekonomi, serta penggalangan dukungan masyarakat internasional terhadap upaya nasional dalam memerangi "illegal fishing" dan pemanfaatan nuklir untuk tujuan damai.
          Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71 kali ini ditutup dengan acara pemotongan tumpeng yang diramaikan dengan aubade putera-puteri cilik Indonesia berusia sekitar empat sampai 10 tahun yang begitu bersemangat menyanyikan lagu Berkibarlah Benderaku dan Halo-Halo Bandung dengan melambaikan bendera Indonesia.
          Sebagai bagian dari tradisi KBRI/PTRI Wina, potongan tumpeng pertama diserahkan langsung Dubes kepada WNI senior dan anggota Diaspora Indonesia senior di Austria sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi yang diberikan terkait penguatan hubungan bilateral RI - Austria.

          Potongan tumpeng pertama diserahkan kepada Ibu Selfinar Damiri dan Bapak Hok Tjhoen Tan, keduanya adalah berasal dari Indonesia dan telah bermukim di Wina, Austria, sejak pertengahan tahun 60-an.(ZG) ***4***
Ridwan Chaidir
(T.H-ZG/B/R. Chaidir/R. Chaidir) 18-08-2016 18:53:50

Tidak ada komentar: