PELUANG EKSPOR SEPATU INDONESIA KE INGGRIS MENJANJIKAN
London, 21/2 (ANTARA) - Atase Perdagangan KBRI London mengakui peluang produk alas kaki atau sepatu dari Indonesia ke Inggris masih menjanjikan yang ditandai dengan adanya tren ekspor yang cenderung meningkat tiap tahunnya.
Berdasarkan pangsa pasar produk alas kaki di Inggris tahun 2009, China masih menempati pangsa pasar tebesar dengan nilai 32,48 persen, diikuti Vietnam, dan Italia, ujar Atase Perdagangan KBRI London Merry Maryati dalam keterangannya kepada koresponden Antara London, Senin.
Menurut Merry Maryati, Indonesia berada pada urutan kesembilan dengan pangsa pasar 3,75 persen.
Italia, China dan Vietnam merupakan tiga Negara pengekspor produk alas kaki dengan kode HS6403 (footwear, upper of leather) terbesar ke Inggris selama sembilan tahun terakhir diikuti Belanda dan india.
Dikatakannya India merupakan Negara pengekspor produk alas kaki HS 6403 dengan peningkatan paling stabil dari tahun 2001-2009.
Sementara nilai ekspor produk alas kaki dari Indonesia HS6403 Indonesia ke Inggris baru mengalami peningkatan yang cukup stabil dari tahun 2005-2009.
"Peluang ekspor produk alas kaki dari Indonesia ke Inggris masih cukup besar," ujarnya menambahkan bahwa pasar alas kaki di tingkat pengecer di Inggris mencapai nilai 7,9 miliar Euro, yang mengalami penurunan 0,2 persen sejak tahun 2004.
Berdasarkan nilai pasar Inggris memiliki pangsa pasar 16,1 persen yang menempatkan Inggris pada posisi ketiga pasar produk alas kaki di Uni Eropa setelah Jerman 17,4 persen, Perancis 17 persen.
Sedangkan konsumsi per kapita Inggris menempati urutan kedua setelah Perancis.
Menurut Merry, berdasarkan volume, penduduk Inggris mebeli 331 juta pasang alas kaki di tahun 2008 atau 5,4 pasang alas kaki per kapita dan menghabiskan 129 Euro pertahun.
Rata rata nilai ini berada diatas rata rata Uni Eropa yaitu 4,2 pasang alas kaki per kapita atau 100 Euro per kapita.
Data perdagangan produk alas kaki Indonesia , berdasarkan nilai ekspor produk alas kaki Indonesia ke dunia mencapai 1.736 juta dolar AS tahun 2009, sementara Inggris merupakan tujuan ekspor produk alas kaki Indonesia keempat setelah Amerika Serikat, Belgia dan Jerman dengan total nilai ekspor sekitar 1.420 juta dolar AS.
Mengenai pangsa pasar produk alas kaki Indonesia di pasar Inggris pada tahun 2006-2009 menunjukkan trend positif dengan titik tertinggi pada tahun 2009 yaitu sebesar 3,75 persen.
Produk dengan kode HS 6403 memiliki pangsa pasar terbesar diantara produk alas kaki Indonesia lainnya.
(T.ZG/B/B008/B008)
(T.H-ZG/B/B008/B008) 21-02-2011 08:30:01
Tidak ada komentar:
Posting Komentar