Selasa, 22 Maret 2011

PANGERAN ALBERT II

PANGERAN ALBERT II TERKESAN RAJA AMPAT, PAPUA

London, 23/3 (ANTARA) - Pangeran Albert II dari Monako terkesan saat berkunjung ke obyek wisata Raja Ampat di Papua dan menyampaikan rasa gembiraannya pada Desember lalu dapat melihat obyek wisata bawah laut yang menjadi salah satu obyek wisata andalan Indonesia.

Kesan tersebut disampaikan Pangeran Albert II kepada Duta Besar RI untuk Monako Rezlan Ishar Jenie, usai menyerahkan Surat Kepercayaan di Salon des Glaces, Istana Kepangeran Monako, Senin.

Counsellor KBRI Paris, Siti Sofia Sudarma dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA London, Rabu, menyebutkan saat Dubes Rezlan Ishar Jenie memasuki istana terlihat di halaman depan istana banyak pengunjung yang tertarik dengan iringan kendaraan yang ditumpangi Dubes Rezlan.

Dikatakannya setelah penyerahan surat kepercayaan, Pangeran Albert II menerima Dubes Rezlan Ishar Jenie di Salon de Famille dan menyatakan penunjukan Rezlan dari Indonesia sebagai dubes untuk Monako merupakan penghormatan besar bagi negerinya.

Pangeran Albert II menggarisbawahi peran penting Indonesia dalam memajukan kerjasama dan perdamaian internasional.
Dubes Rezlan menyampaikan salam hangat Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono kepada Pangeran Albert II dan menyatakan tekad bekerja sama guna memajukan lebih lanjut hubungan baik yang telah terjalin di antara dua negara.
Menanggapi pertanyaan Pangeran Albert II, Dubes menjelaskan capaian ekonomi Indonesia dan menyatakan harapan agar hubungan "business-to-business" dapat dikembangkan dan memanfaatkan peluang berinventasi di Indonesia.
Pangeran Albert II menyampaikan salam hangat kepada Presiden Yudhoyono dan mengungkapkan kesan yang menggembirakan tentang kunjungan pribadinya ke Raja Ampat pada Desember 2010.

Dubes Rezlan juga menyampaikan wilayah Raja Ampat akan semakin dikenal secara luas dan diperkirakan akan menjadi salah satu tujuan wisata di masa mendatang.

Menghadapi kemungkinan tersebut Dubes menyampaikan harapan kemungkinan yayasan kelautan yang dipimpin Pangeran Albert II dapat menjalin kerja sama dengan pemerintah Indonesia serta pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas pemda termasuk menjaga kelestarian lingkungan Raja Ampat serta menarik manfaat ekonomi dari pengembangan kawasan tersebut.
Acara penyerahan surat kepercayaan ditutup dengan acara ramah tamah dengan para pejabat pemerintahan Monako.


Andorra
Sebelumnya Dubes Rezlan juga telah menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Co-prince Andorra Uskup Joan-Enric Vives I Sicilia di Palais du Co-prince yang berkedudukan di La Seu d'Urgell.

Pada saat bersamaan Dubes juga menghadiri resepsi perayaan Hari Konstitusi Andorra ke-18 dengan tuan rumah Perdana Menteri Jaume Bartumeu Cassany di Centre de Congressos d'Andorra, di ibu kota Andorra la Vella.

Andorra merupakan negara kecil yang makmur dan unik karena memiliki dua kepala negara (co-princes), yaitu Presiden Prancis dan Uskup Katolik Roma dari La Seu d?Urgell, kota di Spanyol yang berbatasan dengan Andorra.

(Tz.ZG/C/m016)
(T.H-ZG/C/M016/M016) 23-03-2011 06:38:38

Tidak ada komentar: