Kamis, 15 Desember 2011

BATAM GANDENG SIBERIA

BATAM GANDENG SIBERIA KERJASAMA KAWASAN BEBAS

London, 11/12 (ANTARA) - Batam, Indonesia dan Tomsk, Rusia sepakat menjalin kerjasama kawasan bebas The Batam Indonesia Free Zone Authority (BIFZA) and Open Joint Stock Company Tomsk Special Economic Zone of Technical and Innovative Type (Tomsk SEZ TIT) on Freezone Cooperation.

Kesepakatan Memorandum of Understanding ditandatangani Ketua Badan Pengusahaan Batam, Mustofa Widjaja dan Chief Executive Officer Tomsk SEZ TIT, Alexey Baryshev di Kantor Kementerian Pembangunan Ekonomi Federasi Rusia, demikian Sekretaris kedua KBRI Moskow Enjay Diana kepada ANTARA London, Minggu.

Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional, Rizal A Lukman dan Deputi Menteri Pembangunan Ekonomi Federasi Rusia, Andrey Slepnev menyaksikan penandatangan tersebut dan menyambut baik sebagai langkah pengembangan kerjasama kedua wilayah di Indonesia dan Rusia yang memiliki status kawasan ekonomi khusus.

Menurut Mustofa Widjaja, kerjasama ini sangat penting bagi kedua pihak yang mencakup antara lain pengembangan sektor perdagangan dan industri, promosi pengembangan kawasan bebas.

Selain penyelenggaraan kegiatan, penelitian dan konsultasi bersama, memfasilitasi hubungan para pelaku bisnis, membantu pendirian suatu perusahaan dan tukar informasi, termasuk proyek-proyek investasi yang perspektif.

"Kita harapkan pengusaha Rusia dapat lebih mengetahui potensi-potensi bisnis yang kita miliki, sehingga berinvestasi di Indonesia," ujar Mustofa Widjaja.

Seperti halnya dengan Batam yang dijadikan kawasan bebas dan pelabuhan bebas (Free Trade Zone) oleh pemerintah Indonesia, Pemerintah Rusia menetapkan Tomsk yang terletak di Siberia sebagai Special Economic Zone of Technical Innovation Type (Tomsk SEZ TIT).

Sektor-sektor yang menjadi fokus pengembangan aktivitas dan penelitian di Tomsk SEZ selama ini antara lain nanoteknologi, bioteknologi dan obat-obatan, teknologi informasi dan komunikasi, serta elektronik.

Penanggung Jawab Fungsi Ekonomi KBRI Moskow, Suprianda Ruru menyampaikan kerjasama dengan Tomsk SEZ ini merupakan yang pertama kali dilakukan BP Batam dengan partnernya dari Rusia.

Diharapkan hal yang sama juga dapat dilakukan BP Batam dengan mitra lainnya di Rusia seperti Kaliningrad di bagian barat yang berbatasan dengan Polandian dan Lithuania, dan wilayah Timur Jauh, Vladivostok yang berdekatan dengan Korea dan Jepang?, demikian Suprianda Ruru. ***5***
(ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 11-12-2011 17:54:01

Tidak ada komentar: