Selasa, 27 Desember 2011

HARI IBU

HARI IBU TANDAI PEMULANGAN TKW BERMASALAH


London, 24/12 (ANTARA) - Peringatan Hari Ibu ke-83 tahun 2011 di Dubai ditandai dengan menfasilitasi pemulangan atau pendeportasian ke tanah air tujuh Tenaga Kerja Wanita Indonesia yang bermasalah (TKW-B) dari daerah Jawa Barat dan seorang bayi dari penjara Dubai, Al Awir Central Jail.


TKW bermasalah sebelumnya berada di penjara Dubai karena berbagai kasus keimigrasian, perzinahan maupun kriminal, dengan masa penahanan sekitar dua minggu sampai tiga bulan, demikian Sekretaris Pertama/ Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya kepada ANTARA London, Sabtu.


KJRI Dubai secara berkala membantu memfasilitasi proses pendeportasian TKW-B yang berada di penjara Dubai, serta penanganan para TKW-B yang ada di penampungan sementara KJRI Dubai yang diperkirakan dalam kurun waktu selama setahun sekitar 1.000 orang TKW-B dideportasi pemerintah Dubai, setelah sebelumnya menjalani masa hukuman di penjara Dubai sesuai dengan keputusan pengadilan atas kasus yang mereka lakukan.


Dalam upacara peringatan Hari Ibu, perkumpulan ibu masyarakat Indonesia di Dubai, menyerahkan sumbangan tiket pesawat terbang untuk TKW-B yang ada di penampungan sementara KJRI Dubai disampaikan guru Sekolah TKW KJRI Dubai, Ibu Indah Brown, kepada Konjen RI Dubai, Mansyur Pangeran, dengan disaksikan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Dubai, Ibu Febie Mansyur.


Peringatan Hari Ibu ke-83 bertema ?Peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan ekonomi menuju kesejahteraan bangsa?.

Konjen Mansyur menyampaikan peringatan Hari Ibu bertujuan untuk meningkatkan dan menyegarkan kembali aspirasi masyarakat Indonesia mengenai keterlibatan perempuan dalam Kebangkitan Nasional pada tahun 1908, serta menyadari peran perempuan pada masa lalu dan masa kini tidak dapat diabaikan begitu saja.


Dikatakan kaum perempuan Indonesia bersama-sama kaum laki-laki merupakan bagian yang tidak terpisahkan sebagai warga negara yang juga pejuang bangsa dalam menegakkan dan mengisi kemerdekaan serta membangun bangsa secara menyeluruh sesuai dengan kodrat dan kemampuannya.


Menurut Konjen, pemerintah pusat mengambil tema peringatan Hari Ibu tahun ini lebih fokus pada bidang ekonomi karena menyadari kaum perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang budaya, agama dan status sosial berperan dan mengambil posisi strategis di bidang ekonomi dalam rangka perbaikan kualitas hidup perempuan dan anak, keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia.


Secara khusus, Konjen Mansyur juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas peran aktif dan sumbangsih serta kepedulian ibu-ibu DWP KJRI Dubai dalam membantu dinas menjalankan tugas dan fungsinya. Hal ini juga menunjukkan peran aktif perempuan Indonesia dalam mendukung dan menyukseskan kebijakan nasional Pemerintah Indonesia.


Konjen Mansyur menyampaikan keprihatinan atas kondisi yang dialami WNI di wilayah kerja KJRI Dubai yang diperkirakan mencapai sekitar 77 ribu orang, walaupun banyak yang berhasil, tetapi ada sebagian yang mendapatkan pengalaman buruk. Para TKW ini merupakan salah satu contoh nyata peran perempuan Indonesia yang menjadi penopang ekonomi keluarga dalam rangka perbaikan kualitas hidup keluarganya di Indonesia.


Dalam kesempatan peringatan Hari Ibu ke-83 ini, Konjen Mansyur menginformasikan KJRI Dubai kembali mengadakan Sekolah TKW Januari mendatang dengan penyelenggaraan kelas bahasa Inggris, menjahit, ketrampilan membuat aksesoris, table manners serta ketrampilan merangkai bunga maupun kejar paket A serta pengenalan komputer dan internet.


Upacara peringatan Hari Ibu ke-83 KJRI Dubai tahun ini diikuti seluruh staf KJRI Dubai dan keluarga, serta para pengurus DWP KJRI Dubai dan sebagian perwakilan masyarakat. Upacara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan perlombaan dan ramah tamah.


Sehari sebelumnya, KJRI Dubai juga telah berhasil memulangkan 8 orang TKW-B yang ada di penampungan sementara KJRI Dubai. Sejak 1 Januari KJRI Dubai membantu dan memulangkan 204 TKI yang bermasalah di Dubai dan 5 Emirat lainnya yang menjadi wilayah kerja KJRI Dubai. (ZG)

(T.H-ZG/B/M009/M009) 24-12-2011 10:33:06

Tidak ada komentar: