Sabtu, 10 Desember 2011

DISAINER RAMLI

DISAINER RAMLI GELAR KEANGGUNAN INDONESIA DI SPANYOL

London, 9/12 (ANTARA) - Disainer papan atas Ramli menyuguhkan keanggunan Indonesia dalam peragaaan busana bertema "La Esplendida Elegancia de Indonesia" yang mengundang kekagum dari sekitar 500 hadirin dari berbagai kalangan diplomatik, pengusaha, disainer selebritis, di Spanyol baru baru ini.

Sekitar 60 koleksi Ramli ditampilkan secara menarik, gemerlap dan anggun oleh 14 peragawati dan peragawan Indonesia termasuk Putra dan Putri Batik Nusantara serta Putri Pariwisata dalam dua kali peragaan di Barcelona dan di Madrid, ujar Sekretaris Tiga KBRI Madrid, Krisnawati Desi Purnawestri, kepada ANTARA London, Jumat.

Dubes RI untuk Spanyol, Adiyatwidi Adiwoso Asmady, menyatakan sejak tahun 2009 Batik mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai "the world Intangible cultural Heritage of Humanity", untuk itu Batik menjadi bagian dari komunitas internasional termasuk wahana yang efektif untuk menjembatani budaya Indonesia dan Spanyol.

Sementara itu Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, yang hadir dalam pagelaran busana di Madrid menyampaikan bahwa Batik telah menginspirasikan berbagai pusat fashion seperti Tokyo, Paris, London dan New York.

Batik Ramli adalah wajah Indonesia dengan motif mulai dari Anambas salah satu pulau dari Kepulauan Riau tempat masa kecil Ramli tinggal hingga Papua , namun terselip pula motif matador khas Spanyol.

Dalam acara peragaan busana yang juga dihadiri disainer serta mereka yang berkecimpung di bidang fashion, selebritis, media dan para Sahabat Indonesia, Batik sebagai sesuatu yang unik, individual itu diperagakan dengan iringan musik dan penata gerak yang digarap oleh Ramli sendiri.

Promosi Batik Ramli yang terkenal dengan busana batik dan border, dikenakan kalangan sosialista di Indonesia, juga digelar workshop Batik dipandu finalis Putra?Putri Batik Nusantara, Muhammad Gibravil Pahlevi. Peserta workshop selalu sebanyak 30 orang sesuai dengan kapasitas diikuti dengan serius oleh seluruh peserta workshop.

Dalam acara ramah tamah antara Ramli dengan masyarakat Indonesia bertempat di KBRI Madrid, Dubes Adiyatwidi dan Ramli menyampaikan kebanggaannya bahwa promosi Indonesia melalui pagelaran busana telah mendapat apreasiasi yang tinggi di Spanyol.

Diharapkan Indonesia akan lebih dikenal di Spanyol sehingga semakin banyak turis Spanyol ke Indonesia, ekspor Indonesia meningkat dan hubungan kedua negara semakin lebih erat.

***6***(ZG)
(T.H-ZG/B/M019/M019) 09-12-2011 06:20:38

Tidak ada komentar: