Kamis, 15 Desember 2011

SONGKETdi DUBAI

SONGKET PIKAT PENGUNJUNG PAMERAN MUSIM GUGUR DUBAI

London, 15/12 (ANTARA) - Kain tenun dan busana dengan bahan kain songket beraneka warna dan corak hasil karya peajin songket terkemuka asal Palembang, Zainal Arifin, memikat hati pengunjung pameran barang kebutuhan rumah tangga "The 26th International Autumn Trade Fair 2011" di Dubai.

Pameran digelar di Dubai International Convention and Exhibition Centre menempati lahan seluas 8.000 meter persegi diikuti sekitar 400 peserta dari 20 negara, kata Sekretaris Pertama/ Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya kepada ANTARA London, Kamis.

Pameran yang diresmikan Dirjen Dubai Department of Information, Sheikh Hasher bin Juma Al Maktoum berlangsung untuk ke-26 kalinya merupakan pelopor pameran serupa di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara.

Menurut Adiguna Wijaya, hingga kini pameran masih memegang posisi penting sebagai dasar pertemuan para pelaku bisnis industri barang kebutuhan rumah tangga di kawasan itu.

Zainal Songket mengikuti pameran bersama pengusaha kota Palembang lainnya, yaitu pengusaha makanan pempek dan kerupuk Beringin serta pengusaha kerajinan kayu Shielvana Craft.
Stan Kementerian Perindustrian menghadirkan dua pengusaha asal Lombok, yaitu pengusaha makanan dan minuman Phoenix Food dan pengusaha kerajinan bambu Toker Goneng Basket Art serta pengusaha makanan ringan dari kota Palu Garuda Jaya.

Konjen RI Dubai, Mansyur Pangeran, didampingi Sekretaris Pertama Ekonomi dan Pensosbud, saat meninjau pameran, menyampaikan apresiasi atas partisipasi berbagai perusahaan Indonesia dalam ajang pameran kali ini.

Ia juga menyampaikan apresiasi dengan adanya koordinasi Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Kota Palembang menghadirkan pengusaha binaannya serta Kementerian Perdagangan, melalui Kantor Promosi Perdagangan Indonesia (Indonesian Trade Promotion Center/ ITPC) di Dubai.

Diharapkan kerja sama dan koordinasi antara pemerintah dan swasta serta pemangku kepentingan terkait, dapat mendorong peningkatan promosi dan ekspor Indonesia ke mancanegara khususnya alam ajang pameran berskala internasional di Dubai.

Para pengusaha yang baru pertama kali mengikuti pameran menyatakan keinginannya membuka pasar produknya di Timur Tengah dan sekitarnya melalui Dubai.

Selama ini belum memperoleh akses pasar ke wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara. Untuk itu dengan mengikuti pameran diharapkan dapat memperoleh kerja sama bisnis secara langsung dengan pengusaha setempat dan pembeli dari negara lainnya khususnya Timur Tengah dan Afrika Utara.

Dalam kesempatan itu Konjen menyatakan kesiapan KJRI Dubai membantu menjembatani kerja sama bisnis antara pengusaha Indonesia dan Dubai maupun UAE.

Partisipasi dalam berbagai pameran internasional lainnya di Dubai merupakan langkah pemasaran dan promosi yang tepat, mengingat posisi Dubai sebagai hub paling strategis tidak hanya bagi lalu lintas barang, namun juga manusia dan modal.

Di tengah krisis kawasan, Dubai membuktikan mampu menjadi hub yang atraktif sebagai kota bisnis terbesar di Timur Tengah lokasinya yang strategis, kelengkapan sarana infrastruktur dan lingkungan usaha yang sangat kondusif. Selain itu perekonomian Dubai mulai mengalami pertumbuhan yang positif pasca krisis finansial tahun 2008.

Konjen mengharapkan setiap komitmen bisnis yang dicapai dalam pameran ini dapat segera ditindaklanjuti pengusaha Indonesia sehingga dapat dikonkritkan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Berbagai produk ditawarkan dalam pameran diantaranya kosmetik, makanan dan minuman, elektronik, peralatan rumah tangga, mainan, alat tulis, barang listrik, kerajinan tangan, karpet, pakaian, tekstil, perlengkapan rumah, dapur dan kebersihan serta peralatan mesin, aksesoris dan kebutuhan sehari hari lainnya.

***6***
(ZG)

(T.H-ZG/C/S004/S004) 15-12-2011 09:38:20

Tidak ada komentar: