Kamis, 12 November 2015

PARIS

WARGA MINANG GELAR GERAKAN BUDAYA DI PARIS
     Oleh Zeynita Gibbons

  London, 1/11 (Antara) - Warga keturunan Minang yang tinggal di Eropa menggelar acara Pagelaran Gerakan Budaya Minang di Balai Budaya Kedutaan Besar RI (KBRI) di Paris, Perancis, Sabtu (30/10).

       Menu sate Padang, nasi kapau dan bubur kampiun serta berbalas pantun menyemarakkan acara yang dihadiri sekitar 300 masyarakat Minang yang datang dari Inggris, Jerman, Belanda dan Perancis, kata Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Paris, Henry Katily kepada Antara di London, Minggu.

        Duta Besar RI untuk Paris Hotmangaradja MP Pandjaitan menyampaikan penghargaannya dengan digelarnya acara promosi budaya Indonesia khususnya dari Minangkabau di Perancis yang diakuinya sangat akrab dengan kehidupannya.

        Ia mengatakan pentas budaya yang dilakukan warga Minang di Eropa  dapat dijadikan momentum memperlihatkan kepada warga Perancis yang hadir tentang kekayaan budaya Indonesia sebagai perekat masyarakat Indonesia di Eropa.

        Dubes  mengharapkan agar warga Minang di perantauan dapat memperat tali persaudaraan dengan perhimpunan warga daerah lainnya yang ada di luar negeri dan memberikan kontribusi bagi tanah air Indonesia.

        Dalam acara Gebu Minang, masyarakat Minang yang mengikuti acara  mengenakan baju kurung yang membuat acara Gebu Minang semakin meriah apalagi dengan ditampilkannya slide mengenai Minangkabau dan juga dihadiri Ketua Gebu Minang dari Jakarta DR H Aragar Putri Deli dan Ketua Gebu Minang se-Eropa Adeiano Painan.

        Berbagai kesenian dari Minang ditampilkan dalam acara Gebu Minang.  Selain lagu-lagu Minang juga tari piring, tari rantak, tari indang, tari alang babega dan tari liling serta peragaan busana  pengantin Sumatera Barat.

        "Saya sangat terkesan dengan digelarnya acara Gebu Minang oleh masyarakat Minang yang ada di Paris," ujar Nani Clansey yang khusus datang bersama sang suami Jason Clansey untuk mengikuti acara Gebu Minang se-Eropa.

        Dikatakannya dalam acara Malam  budaya Gebu Minang, yang juga dihadiri Dubes RI untuk Unesco beserta Ny Bonita Sulaiman masyarakat Minang yang ada di Eropa mengumpulkan dana bagi saudara yang ada di Sumatera Barat yang kena musibah asap akibat pembakaran hutan.

         Acara penggalangan dana terkumpul 1050 euro yang langsung dibawa Ketua Umum Gebu Minang Jakarta, Aragar Putri.

        Selain itu  terdapat door price bagi yang beruntung mendapatkan diantaranya sumbangan dari Gebu Minang Jakarta  berupa kain songket pandai singket.

    ***4****
(T.H-ZG/C/Santoso/Santoso) 01-11-2015 06:45:01

Tidak ada komentar: