Kamis, 12 November 2015

SOFIA

KBRI SOFIA GELAR PERTUNJUKAN WAYANG KULIT
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 31/10 (Antara) - Kedutaan Besar RI Sofia di Bulgaria mengelar pertunjukkan wayang  kulit untuk mengenalkan wayang di negara itu khususnya di kalangan perguruan tinggi.

        Pertunjukkan wayang dengan lakon "Arjuna Sungsasmito"  menceritakan tentang perjuangan tokoh Arjuna untuk mengenalkan budaya dan nilai-nilai yang terkandung dalam semangat Sumpah Pemuda dan Pancasila untuk menarik perhatian pelajar dan masyarakat di Bulgaria.

        Pertunjukkan wayang dibawakan oleh dalang Profesor Andrik Purwasito yang merupakan Kepala Program Studi Hubungan Internasional Universitas Sebelas Maret Solo, kata Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Sofia Dina Martina kepada Antara di London, Sabtu.

        Pertunjukkan wayang mendapatkan sambutan dari penonton yang sebagian besar mahasiswa dan masyarakat Bulgaria.

        Dalang menyisipkan dan menyebarkan semangat persatuan dan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat Eropa khususnya di Bulgaria, katanya.

        Dubes RI di Sofia Bunyan Saptomo mengawali pertunjukan wayang mengatakan satu seni budaya Indonesia yang  diakui sebagai "The Intangible Cultural Heritage" (warisan budaya bukan benda) adalah wayang.

        Melalui wayang ini, masyakat Bulgaria dapat mempelajari dan mengenal budaya Indonesia, ujarnya.

        Pesan Bhineka Tunggal Ika disampaikan Ki Dalang Prof Andrik dengan humoristik menggunakan bahasa campuran  Inggris, Prancis, Indonesia, Jawa, dan bahasa Bulgaria sehingga membuat pesan yang disampaikan dapat diterima dan dimengerti.
   Dalang menggunakan tokoh-tokoh rakyat biasa dalam dunia wayang seperti Limbuk, Cangik, Semar, Gareng, Petruk dan Bagong untuk menyampaikan pesan-pesannya.

        Gaya dan bahasa tersebut membuat penonton merespon secara spontan dengan tepuk tangan dan gelak-tawa membahana, ujarnya.

        Pada kesempatan tersebut, Dubes RI di Sofia menyerahkan suvenir sebagai tanda terima kasih kepada Laura Zarbaliyeva, dosen Bahasa dan Budaya Indonesia di Universitas Sofia.

        Jumlah mahasiswa kelas bahasa dan budaya Indonesia di Universitas Sofia  pemula dan lanjutan dan di KBRI sebanyak 37 orang.(ZG)
***4***
(T.H-ZG/C/Santoso/Santoso) 31-10-2015 07:52:25

Tidak ada komentar: