Sabtu, 29 Oktober 2016

BRATISLAVA

BALIFORNIA" JUARA SLOVAK PRESS PHOTO DI BRATISLAVA
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 27/10 (Antara) - Tujuh karya foto Dorota Holubovà dalam rangkaian "Balifornia" meraih penghargaan juara pertama kategori "Daily Life" foto berseri dalam ajang tahunan bergengsi Slovak Press Photo 2016 yang diadakan di Primate's Palace, Bratislava.
         Penyelenggaraan Slovak Press Photo tahun ini melibatkan 191 fotographer meliputi 1.522 foto yang dilombakan, termasuk karya dari arena skateboarding di Canggu, Kuta, Bali itu, demikian Fungsi Pensosbud KBRI Bratislava Dhanny Perkasa, kepada Antara London, Kamis.
         Dorota adalah fotographer profesional yang menyelenggarakan pameran foto "Balifornia" di Fuga Gallery, Old Town, Bratislava. Dorota  sumringah dengan adanya penghargaan pada ajang Slovak Press Photo 2016.
         Dia mengakui hari-harinya semakin menyenangkan setelah penyelenggaraan pameran di Bratislava. Ia pun mendapatkan banyak permintaan wawancara dan liputan dari media. Apresiasi juga datang dari rekan-rekan seniman dan juga bertambahnya fans baru, ujar Dorota.
         "Balifornia adalah pameran foto pertama saya dan untuk kali pertama, sekaligus mendapatkan penghargaan profesional pertama. Saya juga berterima kasih atas dukungan KBRI Bratislava dengan terselenggaranya pameran foto pertama di Slowakia ini," ujar Dorota.
         Ajang tahunan Slovak Press Photo merupakan penghargaan fotografi bergengsi di Slowakia dengan menghadirkan juri profesional fotographer dari mancanegara, juga didukung Presiden Republik Slowakia, Presiden Dewan Nasional, Menteri Kebudayaan Slowakia, dan Wali Kota Bratislava.
         Melalui rangkaian foto "Balifornia", Dorota menangkap sisi lain dari atmosfer komunitas skateboarding yang ada di Pulau Dewata, tepatnya di bar Pretty Poison, di daerah Canggu, kawasan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.
         Hal ini menjadi fenomena menarik bagi Dorota, karena baginya, skateboarding identik dengan budaya barat (utamanya di kota California, Amerika Serikat) namun dia menemukan suatu komunitas skaters di Bali, yang memanfaatkan kolam kosong sebagai arena aksinya. Fenomena menarik ini ditemukannya di Bali, tempat wisata yang selama ini indentik dengan cuaca tropis, wisata pantai dan pegunungan, kekayaan seni, budaya, keagamaan, dan sebagainya.
         Di Pretty Poison, Dorota merasakan kehangatan dan kebersamaan para skaters dan pengunjung dalam dan luar negeri, yang berbaur akrab melampaui batas budaya dan bahasa.
         Dubes RI di Bratislava Djumantoro Purbo menyampaikan KBRI mendukung penuh penyelenggaraan pameran foto Balifornia sebagai bentuk apresiasi terhadap profesional fotographer setempat yang menaruh minat akan Indonesia dan dengan sendirinya mempromosikan Indonesia kepada publik Slowakia.
         Setelah sukses dengan pagelaran foto dan penghargaan sebelumnya, rangkaian foto Balifornia akan kembali dipamerkan pada ajang 10th Year of Days of Photography di kota Levice, Slowakia, pada tahun 2017. Balifornia direncanakan dipamerkan di luar Slowakia, antara lain di Prancis. (ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 27-10-2016 05:43:35

Tidak ada komentar: