Senin, 27 Agustus 2018

AUSTRIA

KORBAN GEMPA LOMBOK DAPATKAN SOLIDARITAS DI AUSTRIA  
Zeynita Gibbons

London,26/8 (Antara)- Dubes RI di Wina, Dr. Darmansjah Djumala mengatakan seluruh warga Indonesia di Austria dan Slovenia merasa prihatin atas musibah gempa bumi di Lombok dan beberapa daerah Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Karena itu,hasil penjualan kupon undian berhadiah akan disumbangkan untuk membantu mereka yang terkena musibah gempa bumi sebagai bagian dari ungkapan rasa solidaritas.

Hal itu diungkapkan Dubes Darmansjah Djumala pada acara pembukaan Pesta Rakyat dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73, yang berlangsung di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wina, Sabtu.

Minister Counsellor/Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Wina, Dewi Kejora kepada Antara London, Minggu mengebutkan pesta rakyat dihadiri ratusan warga masyarakat dan diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia, dan juga warga Austria serta asing lainnya. Walaupun rintik gerimis hujan membasahi halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wina, para pengunjung tetap antusias dan menikmati acara.

Lebih lanjut Dubes Djumala mengatakan berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya hasil penjualan kupon undian berhadiah kali ini disumbangkan untuk membantu mereka yang terkena musibah gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebagai bagian dari ungkapan rasa solidaritas bagi saudara di NTB.

Pada Pesta Rakyat masyarakat dihibur dengan penampilan berbagai lagu pop Indonesia dan Barat, alunan musik gamelan, tari tradisional Indonesia, dan musik dangdut yang dibawakan masyarakat Indonesia dan diaspora Indonesia yang datang dari berbagai kota di Austria dan mengundang pengunjung berjoget.

Keanekaragaman budaya Indonesia tidak hanya muncul dalam panggung musik dan hiburan, namun juga dalam berbagai kuliner yang dijual dalam Pesta Rakyat. Berbagai stand menghadirkan makanan khas Indonesia seperti sate, bakso, bakwan malang, nasi padang, biji salak, hingga mie ayam. Makanan laris manis diserbu pengunjung yang umumnya datang mengobati rasa rindu terhadap Tanah Air dan bersilaturahim dengan sesama komunitas Indonesia di Austria.  
Pesta Rakyat yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga pukul 16.00diramaikan dengan berbagai perlombaan untuk orang dewasa dan anak-anak seperti lomba tradisional makan kerupuk, lomba joget dangdut, lomba kelereng dan lomba poco-poco.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang undian utama tiket pesawat Wina-Jakarta PP.

Pesta Rakyat merupakan bagian dari rangkaian acara Peringatan HUT RI ke-73 yang diselenggarakan oleh KBRI Wina dalam rangka pelaksanaan tugas Perwakilan RI di bidang pembinaan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia di negara akreditasi. Diharapkan kegiatan tersebut tidak hanya dapat menghibur namun juga menjadikan Perwakilan RI di Austria sebagai "rumah" bagi seluruh masyarakat Indonesia di Austria dan Slovenia.***4****
ZG/b/a011
(T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 26-08-2018 07:16:02




Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: