Rabu, 16 Juli 2008

DUBES RI TRIYONO WIBOWO DI GRAZ, AUSTRIA

D0160708000329 16-JUL-08 SBH JKT

DUBES RI TRIYONO WIBOWO DISAMBUT TARIAN DI GRAZ, AUSTRIA


London, 16/6 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Austria dan Slovenia Triyono Wibowo beserta Ny Moeliek Triyono Wibowo disambut meriah dengan tarian Sajojo dan nyanyian kelompok-kelompok paduan suara Indonesia, yang berada di Austria untuk mengikuti lomba paduan suara "The 5th World Choir Games" di Stadthalle Graz, Austria.


Sekretaris I KBRI Wina Darianto Harsono kepada ANTARA London, Rabu, mengatakan kehadiran Duta Besar RI Wina merupakan wujud apresiasi dan dukungan KBRI/PTRI Wina atas nama Pemerintah dengan prestasi kelompok paduan suara Indonesia tersebut.


Sekitar 200 anggota kelompok paduan suara yang berada di Graz yaitu Whaku Bhim dari Papua, Gorontalo Inovasi, LPPD Manokwari Papua Barat, Universitas Negeri Manado, wakil dari Elfa's Singers dan warga Indonesia di Graz menyambut kehadiran Duta Besar RI dalam acara ramah tamah dan makan siang bersama.

Acara ramah tamah yang diadakan di antara peserta gelombang pertama dan kedua itu juga dihadiri juri dari Indonesia Aida Swenson, Direktur/pendiri Paduan Suara Anak Indonesia, dan Bapak Tommyanto Kandisaputra selaku Ketua INTERKULTUR Indonesia.


Kegiatan ini disambut baik para peserta yang sangat berkeinginan untuk bertatap muka dengan Duta Besar RI Wina dan kembali merasakan masakan Indonesia setelah beberapa hari berada di Austria.


Dalam sambutannya, Duta Besar RI Wina menyampaikan dukungan kepada para peserta dan penekanan bahwa melalui kegiatan semacam itu Indonesia dapat lebih menunjukkan eksistensinya sebagai negara yang berbudaya tinggi.


Selesai sambutan Duta Besar, Ketua INTERKULTUR Indonesia Tommyanto Kandisaputra melaporkan perkembangan partisipasi Indonesia selama gelombang pertama kejuaraan dan rencana untuk gelombang kedua.

Seusai acara, masing-masing kelompok paduan suara berinisiatif untuk mempersembahkan sebuah lagu dan berfoto bersama dengan Duta Besar RI Triyono Wibowo dan Ny Moeliek Triyono Wibowo, untuk menunjukkan apresiasi dan kegembiraan mereka.

Sebagian besar dari mereka baru pertama kali ke luar negeri, karena itu mereka sangat menghargai perhatian yang diberikan KBRI/PTRI Wina, yang secara khusus menyiapkan makanan Indonesia bagi seluruh peserta.


World Choir Games, kejuaraan dunia paduan suara dua tahunan, diselenggarakan di kota Graz, Austria, dari 9 hingga 19 Juli mendatang.

Di antara 441 kelompok paduan suara dari 93 negara yang terdaftar terdapat 33 kelompok paduan suara dari Indonesia, namun karena hambatan finansial dan prosedural, hanya sekitar 16 kelompok dari Indonesia yang dapat menghadiri gelombang pertama dan gelombang kedua kejuaraan itu.


Namun, hambatan dan tantangan tidak menciutkan semangat dan tekad, sebaliknya seluruh peserta dari Indonesia bertekad untuk memberikan yang terbaik bagi tanah air.


Hal ini telah dibuktikan pada gelombang pertama dengan diraihnya dua gelar World Champion dan mendudukkan Indonesia pada peringkat kedua perolehan medali. Kesuksesan yang sama diharapkan akan terulang pada gelombang kedua minggu ini.


"The 5th World Choir Games" merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Musica Mundi yang diselenggarakan yayasan internasional INTERKULTUR. Salah satu ranting yayasan itu, yaitu INTERKULTUR Germany, adalah mitra Depbudpar dalam menyelenggarakan "1st Asian Choir Games" di Jakarta pada November 2007.


***2***

(U-ZG)

(T.H-ZG/B/E011/E011) 16-07-2008 11:18:39


Tidak ada komentar: