Senin, 21 Juli 2008

INDONESIA PERINGKAT 4 DI THE 5TH WORLD CHOIR

INDONESIA PERINGKAT 4 DI THE 5TH WORLD CHOIR GAMES DI GRAZ, AUSTRIA


London, 22/7 (ANTARA) - Indonesia meraih peringkat ke-empat dari 45 negara yang memperoleh medali dibawah China, Austria dan Rusia dalam kejuaraan paduan suara "The 5th World Choir Games," yang digelar di kota Graz, Austria.


Kelompok paduan suara dari Indonesia yang berpartisipasi dalam kompetisi dua tahunan ini menyumbangkan 24 medali yang terdiri dari sembilan emas dan 15 perak, demikian Sekretaris I KBRI Wina, Darianto Harsono, kepada koresponden Antara London, Selasa.


Dikatakannya, Duta Besar RI untuk Austria dan Slovenia, Triyono Wibowo menyatakan, penghargaan dan kebanggaannya terhadap seluruh kelompok Paduan Suara yang telah mengharumkan nama Indonesia dalam kompetisi Paduan Suara tingkat dunia tersebut.


Menurut Darianto, Indonesia meraih dua medali emas melalui kelompok paduan suara Elfa's Singers dalam kategori jazz dan kategori pop.

Medali emas lainnya disumbangkan kelompok paduan suara Consolatio Universitas Sumatera Utara dengan dua emas, Universitas Negeri Manado, Bitung City Chorale, GMIM Male Choir Sulawesi Utara, Gorontalo Inovasi, dan Whaku Bhim dari Papua masing-masing satu emas.


Medali perak disumbangkan Sekolah Pelita Harapan Bukit Sentul dengan tiga perak, Universitas Negeri Manado dan Bitung City Chorale masing-masing dua perak.


Sementara kelompok paduan suara Angelicus Indonesia Choir, Tomohon Christian Female Choir, GMIM Male Choir Sulawesi Utara, Gema Chandra Cendrawasih Universitas Cendrawasih Papua, PSM Universitas Hasanudin, Voice of Yayasan Pendidikan Jayawijaya Papua, Whaku Bhim dari Papua dan Adoro Te Choir masing-masing satu perak.


Darianto mengatakan, Indonesia juga terpilih dari wilayah Asia Tenggara untuk diliput secara khusus oleh TV Nasional Austria ORF-2 yang akan disiarkan ke seluruh wilayah Austria pada hari Sabtu malam pada 26 Juli.


Paduan suara Whaku Bhim dari Papua akan ditampilkan secara khusus bersama beberapa kelompok paduan suara lainnya dari China, Australia, Amerika Serikat, Eropa dan Afrika Selatan dalam acara "We Are The World, Die Grosse Sommer-Nacht der Chore", International choir competition World Choir Games.


Dikatakannya, tercatat sebanyak 441 kelompok paduan suara dari 93 negara mengikuti kejuaraan berlangsung dari 9 hingga 19 Juli mempertandingkan 28 kategori antara lain paduan suara anak, pemuda, wanita, pria, campuran pria dan wanita, musica sacra, music of the religions, musik kontemporer, jazz, pop, gospel and spiritual, serta folklore (musik rakyat).

Sebagian besar paduan suara Indonesia mengikuti kategori folklore. Kategori lainnya yang diikuti antara lain popular choral, jazz, musica sacra, gospel and spiritual, paduan suara pria, paduan suara wanita dan paduan suara campuran.



Tampil Memukau

Darianto mengatakan, penampilan berbagai paduan suara Indonesia khususnya dalam kategori folklore telah memukau penonton karena keragaman budaya yang ditunjukkan dalam kostum, alat musik, jenis lagu dan perpaduan musik dan tari.


Beberapa kelompok paduan suara akan melanjutkan perjalanan untuk berpartisipasi dalam berbagai kompetisi dan pertunjukan musik di berbagai negara lainnya di Eropa.


Kelompok paduan suara Elfa's Singers akan melakukan beberapa pertunjukan di Jerman, sementara Whaku Bhim dari Papua akan tampil dalam World Symposium on Choral Music di Denmark.


Menurut Darianto, selama kompetisi berlangsung, KBRI Wina memberikan dukungan penuh kepada seluruh kelompok paduan suara Indonesia dan para Staf KBRI/PTRI ikut menghadiri dan mensupport saat paduan suara Indonesia bertanding, bahkan membantu dan memfasilitasi saat kedatangan dan kepulangan.


Dubes RI untuk Austria dan Slovenia beserta Ny Triyono Wibowo secara khusus mengadakan jamuan makan siang bersama bersama sekitar 200 anggota paduan suara Indonesia dan masyarakat Indonesia di Graz, demikian Darianto Harsono.


(U-ZG)(T.H-ZG/B/M012/M012) 22-07-2008 03:26:07

Tidak ada komentar: