Jumat, 11 Juli 2008

PSM PARAHIYANGAN DI SLOVAKIA


PADUAN SUARA MAHASISWA PARAHIYANGAN MEMBAHANA RADIO SLOVAKIA


London, 11/7 (ANTARA) - Paduan Suara Universitas Katolik Parahyangan (PSM Unpar ), Bandung yang membawakan lagu- lagu Indonesia tampil memukau para penonton yang memenuhi gedung Radio Slovakia di Bratislava.


Pagelaran PSM dihadiri lebih dari 200 undangan dari berbagai kalangan diantaranya diplomat termasuk beberapa dubes dan masyarakat di Slovakia, demikian Sekretaris I KBRI Bratislava, Wanton Saragih Sidauruk KBRI Bratislava kepada koresponden Antara London, Jumat.


Dikatakan Wanton Saragih ,sebelum tampil di Bratislava, Slovakia PSM Unpar mengikuti festival Papuan suara "The 51st Jihlava International Choir Festival"? yang berlangsung di kota Jihlava, Ceko akhir Juni lalu.


Menurut Wanton, dalam International Choir Competition, Spittal, Austria, PSM Unpar meraih juara dua untuk kategori lagu-lagu daerah dan juara ketiga untuk kategori lagu-lagu klasik. Keberadaan PSM Unpar turut memperkaya khasanah promosi budaya Indonesia di Bratislava, Slovakia.


Dipimpin konductor Avip Priatna, lagu Sik-sik Sibatumanikam dari Sumatera Utara ditampilkan sebagai pembuka acara yang memantik pesona para pengunjung sebelum pagelaran dibuka secara resmi Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Bratislava, Firdauzie Dwiandika.


Lagu pembuka disusul dengan lagu-lagu berbagai daerah seperti Luk-luk Lumbu dan Ulan Andung-andung dari Jawa, Marencong-rencong (Makassar), Bubuy Bulan (Jawa Barat), Jangan Undur ee dan Mande-mande (Ambon), Janger (Bali) dan Yamko Rambe Yamko (Papua).


Dikatakannya , lagu terakhir Janger dan Yamko Rambe Yamko dibawakan dengan iringan koreografi tarian khas, sedangkan Yamko Rambe Yamko diiringi alat musik kendang.


Sementara itu, di penghujung pagelaran ditampilkan tari Saman dengan beberapa variasi gerak yang unik dan dinamik selama 12 menit membuat penonton beranjak berdiri dengan standing ovation sebagai bentuk pujian dan sambutan luar biasa.


Kekaguman para penonton kembali digugah ketika, PSM Unpar menyuguhkan dua tambahan lagu populer Ceko yang juga sangat dikenal di Slovakia yaitu Skoda Lasky dan V Kolaji Voda.


Lagu-lagu Ceko tersebut semakin memukau karena diiringi dengan alat musik piano yang dimainkan Konduktor Avip Priatna membuat penonton larut mengikuti lagu-lagu yang sangat akrab ditelingga sambil menghentakan kaki dan tepukan tangan yang membahana.


Pagelaran PSM Unpar di Slovakia tersebut merupakan bagian dari upaya KBRI Bratislava mempromosikan Indonesia melalui penampilan berbagai ragam dan corak seni budaya yang unik, menumbuhkan kesan positif dan luar biasa mengenai Indonesia.


Pagelaran tersebut selain disaksikan penonton di studio, juga disiarkan melalui stasiun Radio Slovakia yang ditujukan kepada `pendengarnya? itu berlangsung berkat kerja sama KBRI Bratislava dan Radio Slovakia yang merupakan stasiun radio nasional terbesar di Slovakia.


***8***

(U-ZG)/B/A011)

(T.H-ZG/B/A011/A011) 11-07-2008 08:19:39


Tidak ada komentar: