Jumat, 05 September 2008

ASMAT DI BELANDA


ASMAT GELAR PROMOSI DAGANG DI BELANDA


London, 5/9 (ANTARA) - Bupati Asmat mengadakan promosi perdagangan dan investasi di Kerajaan Belanda dalam upaya mendukung pembangunan di Kawasan Timur Indonesia dengan mengelar atraksi seni budaya di KBRI Den Haag.


Kedatangan rombongan Bupati Asmat ke Belanda dalam rangka mengundang dunia untuk ikut mendukung pembangunan Kawasan Timur Indonesia, ujar Counselor Seni Budaya KBRI Denhaag Firdaus Dahlan kepada koresponden Antara London, Jumat.


Kegiatan promosi Asmat itu antara lain diisi dengan demonstrasi memahat kayu yang melegenda di seluruh dunia, demo memasak makanan Papua, serta tari-tarian tradisional Asmat yang menarik minat seratus lebih masyarakat serta sejumlah media massa Belanda.


Duta Besar RI, J.E. Habibie untuk Kerajaan Belanda dalam sambutannya antara lain menyampaikan kekaguman yang mendalam terhadap kebudayaan Asmat, termasuk seni pahat patung yang diperagakan oleh anggota rombongan.


Menurut Dubes, seni pahat Asmat sangat syarat dengan spiritual itu menghasilkan karya seni yang tinggi dan memiliki jiwa bukan sekadar benda mati sebagaimana patung.


Diakuinya budaya suku Asmat sangat unik dan terus bertahan hingga sekarang sehingga menjadi salah satu tujuan kunjungan utama Indonesia.


Bupati Asmat, Yuvensius A. Biakai, antara lain mengemukakan sebagai bagian dari Indonesia, Asmat berharap dapat memberikan andil dalam memperkuat NKRI serta mendukung pembangunan Papua.


Disadari kondisi geografis yang terisolir, Asmat terus melakukan pembangunan seperti bandara internasional dan pelabuhan guna memperluas akses dan mendorong peningkatan pariwisata Asmat sangat terlambat.


Dalam demo memahat patung kayu, tampil tiga warga Asmat dengan pakaian tradisional yang memahat sambil sesekali melafalkan mantra.


Sementara ibu-ibu dari Papua Indonesia dan Belanda melakukan demo memasak makanan khas Papua berupa "papeda" dengan sup ikan yang disuguhkan kepada pengunjung.


Pada puncak pertunjukan tari tradisional berjudul Persahabatan merupakan tarian bersifat terbuka dan semua orang ikut menari bersama, Bupati Asmat ikut menari bersama penonton.


Selain pertunjukan seni budaya, rombongan Asmat juga melakukan acara dialog interaktif di Radio Nederland dan Business Meeting bersama para pengusaha Belanda, demikian Firdaus Dahlan. ***2***(U-ZG)(T.H-ZG/B/I011/I011) 05-09-2008 18:31:50



Tidak ada komentar: