Sabtu, 20 September 2008

BUKU BARU SRI OWEN

SRI OWEN KEMBALI LUNCURKAN BUKU MASAKAN INDONESIA

London, 20/9 (ANTARA) - Pengarang buku masakan Sri Owen (73) yang lebih dari separuh hidupnya dihabiskan untuk memperkenalkan makanan Indonesia di Kerajaan Inggris, meluncurkan buku tentang masakan Indonesia yang berjudul "Sri Owen's Indonesian Food" di gedung KBRI London, Jumat.

Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggeris Raya dan Republik Irlandia Yuri Octavian Thamrin menyampaikan penghargaannya kepada Sri Owen yang telah memperkanalkan makanan Indonesia di Kerajaan Inggris.

Acara peluncuran Sri Owen's Indonesian Food yang juga diterbitkan di Amerika Serikat dengan judul The Indonesian Kitchen itu dihadiri rekan Sri Owen para penulis buku masakan dan penerbit serta undangan.

Buku ini merupakan buku ke 16 yang ditulis oleh Sri Owen.

Dubes Yuri Thamrin mengatakan bahwa Sri Owen sejak lama memperkenalkan masakan Indonesia kepada generasi muda yang paling penting lagi adalah kiprahnya tersebut ikut mempromosikan kuliner Indonesia yang merupakan salah satu asset Negara, selain kesenian, budaya dan sejarah.
Menurut Dubes, Sri Owen telah memberikan inspirasi kepada generasi muda melalui buku masakannya dan bahkan masak menjadikan salah satu kegemaran.

Masak dan makan merupakan bagian yang integral dari kehidupan dan budaya masyarakat Indonesia, ujarnya menambahkan bahwa makanan mendobrak lintas batas kelas, agama dan ras.

Pemandangan yang umum dijumpai di Indonesia pengusaha berdasi menikmati makan makanan dipinggir jalan yang dijual pedagang kaki lima. Bahkan Presiden senang makan sate Padang, ujar Dubes lagi.

Dengan moto "Unity through Diversity" yang merefleksikan dan mempengaruhi makanan tradisional dari berbagai daerah yang beragam di Indonesia seperti nasi goreng, Mie goreng, gado gado.

Sri Owen sebelumnya telah merayakan terbit bukunya yang ke-16 itu di rumahnya di Wimbledon dengan mengundang kerabatnya.

Buku Sri Owen yang diterbitkan oleh penerbit terkemuka, Pavillon itu melengkapi karya-karyanya tentang kuliner Indonesia yang terbit dalam bahasa Inggris, Belanda dan Jerman.

Sri Owen menikah dengan Anthony Roger Owen, dosen sejarah Universitas Gajah Mada pada 1962 dan menetap di Inggris.

Buku pertama mantan produser BBC London selama 19 tahun (1964-1983) itu, berjudul "The Home Book of Indonesia Cooking", diterbitkan penerbit Faber, London pada 1976.

Berbekal kesenangan masak-memasak itu, Sri Owen bersama Roger yang senang mengundang sahabat mereka untuk menikmati masakan Indonesia di rumah, setelah pensiun dari BBC, membuka usaha katering di bawah flat rumahnya dan membuka kursus memasak.

Makanan khas Indonesia yang dijual Sri Owen seperti rendang daging, mie goreng, lumpia goreng dan nasi goreng banyak diminati oleh penduduk setempat.

Sri Owen bahkan mempunyai banyak pelanggan fanatik, merekalah yang akhirnya mengantarkan masakan Indonesia masuk dan dijual di "Harrods Food Court", toko terkenal milik Mohammad Al Fayed.

Mengisi hari-hari tuanya bersama Roger, Sri Owen kini tengah menulis buku yang berjudul "The Oxford Companion to Southeast Asia" yang menurut rencana akan diterbitkan pada 2010 mendatang.

Buku Sri owen juga telah dialihbahasakan ke dalam bahasa Jerman. "Die Indonesiche Kuche", adalah buku pertamanya yang diterbitkan di Heyne Verlag, Munich.

Buku lain berjudul "Indonesian Food and Cookery" juga ditejemahkan ke dalam Bahasa Jerman dan Bahasa Belanda.

Sri Owen menulis buku "Indonesian and Thai Cookery", yang mendapat penghargaan "Andre Simon Award". Buku ini bahkan terbit dalam edisi AS, dengan judul "Honestyle Thai and Indonesia Cooking" yang diterbitkan Crossing Press.

Sri juga pernah tampil di televisi Inggris dan ABC Channel Australia serta MTV Helsinki, yang kesemuanya dalam rangka memperkenalkan masakan Indonesia ke berbagai negara di Eropa.

Anggota Guild of Food Writers, London dan IACP (International Association of Culinary Professional USA serta Society of Author London mempunyai ambisi agar masakan Indonesia dikenal di dunia.

Buku yang diterbitkannya pada tahun 1993 yang berjudul "The Rice Book" juga berhasil meraih penghargaan "Andre Simon Award" sebagai "food book of the year London 1993/94" dan dinominasi dalam penghargaan "James Beard Award New York 1994".

***2***
(U-ZG/B/M007)
(T.H-ZG/B/M007/M007) 20-09-2008 12:39:50

Tidak ada komentar: