Selasa, 22 April 2008

ASOSIASI INDONESIA ITALIA

ASOSIASI PERSAHABATAN DAN KERJASAMA ITALIA-INDONESIA TERBENTUK

London, 22/4 (ANTARA) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LB&BP) RI untuk Republik Italia, Malta, Cyprus dan Badan-Badan PBB FAO, IFAD dan WFP, Susanto Sutoyo menyambut baik terbentuknya Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia (Asscociazione per la Cooperazione, Economica e Sociale Tra L?Italia e L?Indonesia).


Hal itu disampaikan Dubes pada acara konperensi pers yang diadakan khusus untuk memperkenalkan Assosiasi tersebut kepada masyarakat Italia di Sala Stampa del Parlemente, Camera dei deputati, Via della Missione 4, Roma, Italia, demikian Pramudya Sulaksono, Sekretaris I Pensosbud KBRI Roma kepada ANTARA London, Selasa.

Konferensi pers yang diikuti media massa di Italia itu dihadiri Ketua Asosiasi Sandra Cioffi -- anggota Komisi III Chamber of Deputies Italia yang membawahi hubungan luar negeri, Dewan Eksekutif Asosiasi yang terdiri dari anggota parlemen, pengusaha, akademisi, seniman dan budayawan, serta para Indonesianis (pecinta Indonesia) di Italia.


Sandra Cioffi mengatakan sudah saatnya Asosiasi melakukan aktivitas konkrit untuk memajukan kerjasama kedua negara yang diharapkan akan dapat meningkatkan hubungan Italia-Indonesia melalui kunjungan antara pejabat pemerintah, anggota Parlemen, wisatawan kedua negara.

Dubes Susanto Sutoyo menyambut baik terbentuknya Asosiasi apalagi dengan banyaknya produk dari Italia yang sangat populer di Indonesia yang menjadi pasar yang sangat potensial bagi pasar Italia yang akan menjadi penghubung untuk negara-negara di AsiaTenggara dan Pasifik,


?Terbentuknya Asosiasi ini maka jarak antara Indonesia dan Italia bukan merupakan kendala,? ujar Dubes yang mendorong masyarakat Italia untuk mengunjungi Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan keindahan alamnya.

Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia ini dibentuk atas dasar inisiatif pada level pemerintah dan parlemen untuk meningkatkan kontak dan saling kunjung antara anggota parlemen kedua negara sehingga dapat mendukung peningkatan kerjasama bilateral di bidang ekonomi, sosial dan budaya.

Menurut Pramudya Sulaksono, proses pendirian Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia ini memakan waktu cukup panjang, yaitu sekitar dua tahun dan secara administratif Asosiasi sebelumnya menandatangani kerjasama kesepakatan dan Statuta antara Ketua Asosiasi dengan Dubes RI Roma.

Sebelumnya Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia beberapa kali mengadakan pertemuan yang dihadiri delegasi dari parlemen Indonesia, deputi, senator, jurnalis dan para pengusaha Indonesia dalam rangka memperkenalkan asosiasi.

Beberapa Program Asosiasi Persahabatan dan Kerjasama Italia-Indonesia yang dijadwalkan antara lain kunjungan delegasi Italia ke Indonesia untuk melakukan pertemuan dengan para pejabat pemerintah dan juga rekan bisnis, sedangkan pada musim gugur Asosiasi dijadwalkan akan mengadakan Konferensi Indonesia-Italia dengan tema Peningkatan kerjasama antara kedua negara. (U-ZG)(T.H-ZG/B/M009/M009) 23-04-2008 00:42:56


Tidak ada komentar: