Selasa, 29 April 2008

SATRIO IKUT A1 GP DI UK

OTOMOTIF - SATRIO HERMANTO IKUTI SERI TERAKHIR A1GP DI INGGRIS


London, 29/4 (ANTARA) - Pembalap Indonesia yang berlaga di kejuaraan balap mobil A1GP, Satrio Hermanto, akan mengikuti seri terakhir kejuaraan itu yang akan digelar di Sirkuit Brands Hatch akhir pekan ini.


Sebelum seri tersebut digelar, Satrio akhir pekan lalu turut berpartipasi bersama pembalap peserta A1 lain dalam suatu acara bertajuk "The A1GP Pit Stop @ Regent Street" yang digelar di jalanan pusat pertokoan kota London.


"Saya senang bisa membawa nama Indonesia di acara ini," kata Satrio Hermanto kepada koresponden Antara di London usai mengikuti acara yang diisi dengan pameran dan ujicoba kendaraan balap yang akan dipakai pada balapan di Sirkuit Brands Hatch itu.


Satrio, yang runner-up di National Formula Asia (1999), dalam acara tersebut juga sempat diwawancarai di atas panggung bersama tim balap A1GP lainnya.


Dia merupakan satu di antara tiga tim balap dari Asia yang meramaikan acara yang digelar di lokasi tengah jalan kota London antara Regent Street hingga ke Piccadilly Circus itu.


Dia mengharapkan keikutsertaan tim A1GP Indonesia, akan dapat memacu semangat para pembalap Indonesia di ajang balap mobil dunia.


"Saya akan terus meningkatkan penampilan saya dan juga strategi yang baik dan mudah mudahan akan berjalan mulus," ujar Satrio, lajang kelahiran Jakarta, 29 Juni 1984.


Posisi ketiga dalam Formula Ford Euro Asia Cup di Sentul (2000) itu mengakui bahwa persaingan untuk A1GP kali ini sangat ketat, apalagi balapan kali ini merupakan seri terakhir musim 2008.


"Saya akan berusaha untuk tampil lebih baik," ujar Satrio yang menekuni balap sejak usia tujuh tahun, dan langsung menjadi juara nasional di kelas Intercontinental A Kejurnas Gokart 1992.


Karis Satrio Hermanto cemerlang di gokart dan beberapa kali juara nasional di kelas Rotax Yunior hingga senior.


Prestasi tertinggi di gokart ia raih pada 2005 ketika tampil di Kejuaraan Gokart Dunia 2004, di Lancarotte, Spanyol. Kala itu, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan Johny dan Melanie Hermanto ini menembus sembilan besar dunia dari total 64 peserta dari seluruh belahan dunia, di kelas Rotax Max RM 1.


Satrio mengatakan sudah banyak sirkuit yang dijajalnya dan balapan di berbagai belahan dunia sudah diikutinya dan kali ini dia berharap juga bisa mengharumkan nama Indonesia.


Prestasi Satrio sebelumnya adalah runner-up di National Formula Asia (1999), Juara ke-3 Formula Ford Euro Asia Cup di Sentul (2000), Pembalap tes Formula BMW dengan Team Meritus, Sepang Malaysia (2004), Pemenang Formula 3 Promotion class (2005), Formula Renault V6 Asia Championship (2006).


Sementara itu Counsellor Information and Socio-Cultural Affairs KBRI London, Herry Sudradjat, mengatakan bawa keikutsertaan pembalap Indonesia itu akan dapat memperkenalkan nama Indonesia pada masyarakat Inggris khususnya di London.


Selain itu menurut dia, event tersebut akan dapat meningkatkan wisatawan ke Indonesia dengan dicanangkannya Visit Indonesia Years (VIY) yang logonya juga tertera dalam mobil yang dikendarai oleh Satrio Hermanto. ***1***(T.H-ZG/C/I015/I015) 29-04-2008 20:52:15

Tidak ada komentar: