Selasa, 22 April 2008

POLISI INGGRIS ADAKAN PENYESELIDIKAN

POLISI INGGERIS SELIDIKI HILANGNYA ERMATATI RODGERS


London, 22/4 (ANTARA) - Kepolisian Wrexham, North Wales, Inggeris, menahan seorang pria berusia 26 tahun yang diduga keras terkait dengan hilangnya warga negara Indonesia (WNI) di Inggeris, Ermatati Rodgers (41) yang dinyatakan hilang sejak 4 Januari lalu.


Counselor Penerangan KBRI London Herry Sudradjat kepada ANTARA, Selasa, mengatakan bahwa kepolisian Wrexham pada Senin (21/4) telah menahan tersangka yang saat ini ditahan di Rumah Tahanan St. Asaph, North Wales.


Dikatakannya kepada tersangka selanjutnya akan dilakukan interogasi untuk mendapatkan bukti-bukti yang akan diserahkan kepada Crown Prosecutor/CPS (Jaksa Penuntut) untuk dapat dilakukan penuntutan atas dugaan melakukan tindak pembunuhan (charge on suspicion of murder).


Apabila tidak didapatkan bukti-bukti yang kuat, pihak kepolisian harus membebaskan tersangka dengan jaminan (released on bail condition), ujarnya.


Ermatati Rodgers yang tinggal di Gwersylt, North Wales, telah dinyatakan hilang sejak 4 Januari. Ia datang ke Inggeris pada tahun 1996 dan menikah dengan Rodgers.


Menurut Herry Sudradjat, penahanan tersangka dalam kasus hilangnya Ermatati merupakan hasil dari penyelidikan dan kerja keras yang dilakukan oleh pihak Kepolisian North Wales dalam mengungkap kasus tersebut bekerjasama dengan sejumlah pihak di Inggris maupun di Indonesia, termasuk Perwakilan RI di London.


Kedutaan Besar RI di London terus memonitor perkembangan kasus tersebut serta memberikan bantuan yang dianggap perlu kepada pihak berwenang di Inggris bagi penuntasan kasus tersebut.


Ermatati yang tinggal di kota kecil Gwersyllt terakhir kali terlihat berbelanja di pertokoan setempat pada tanggal 4 Januari.


Kuasa usaha ad interim Indonesia di Inggris, Made Sastrawan, sebelumnya bertemu dengan pejabat kepolisian Wales Utara untuk membantu dan memantau pencarian Ermatati Rodgers yang mengatakan bahwa kehilangan Ermatati diketahui setelah seorang temannya melapor kepada polisi.


"Dia janjian makan siang namun tidak muncul, lalu temannya itu melapor ke polisi karena tidak biasanya dia tidak memberi kabar sama sekali," kata Made.


Sesuai prosedur, kepolisian masih menunggu selama 5 hari sebelum menyatakan Ermatati Rodgers sebagai orang yang hilang. Ermatati menikah dengan warga Inggris namun kini sudah tinggal sendiri.


"Sebagaimana dengan identitas yang didaftarkan di KBRI, dia adalah seorang wanita Indonesia yang menikah dengan Bapak Rodgers yang datang ke Inggris pada tahun 1996," kata Made Sastrawan.


Ermatati Rodgers, yang dipanggil Tati oleh teman-temannya dan terlihat di CCTV pertokoan Somerfield tanggal 4 Januari. Seorang saksi juga mengatakan kepada polisi bahwa dia melihat seseorang dengan seperti di rekaman kamera itu pada hari yang sama sekitar pukul 20.00 dan 21.00.


Kepolisian Wales Utara juga sudah melakukan sejumlah penyelidikan di Indonesia namun sepertinya Ermatati belum meninggalkan Inggeris. ***4***(U-ZG)(T.H-ZG/B/E001/E001) 22-04-2008 22:58:18

Tidak ada komentar: