Rabu, 09 April 2008

DUBES RESMIKAN PUSKEMAS ALBA NIZZA

D0080408003949 08-APR-08 KSR JKT

DUBES RI UNTUK ITALIA RESMIKAN GEDUNG PUSKESMAS "ALBA-NIZZA"


London, 8/4 (ANTARA) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LB&BP) Republik Indonesia untuk Republik Italia, Malta dan Siprus serta Badan Badan Dunia FAO, IFAD dan WFP yang berkedudukan di Roma, Susanto Sutoyo, Senin meresmikan Puskesmas "Alba-Nizza" di Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang merupakan bantuan warga kota Alba dan Nizza Monferrato, Italia.


Sekretaris I KBRI Roma Pramudya Sulaksono dalam keterangannya kepada ANTARA London, Selasa mengatakan bahwa dalam peresmian Puskesmas itu Dubes Susanto Sutoyo disertai Dr. Roberto Cerrato, Wakil Walikota Alba dan Dott. Maurizio Carcione, Walikota Nizza Monferrato.


Puskesmas yang diberi nama Alba Nizza itu diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten yang diwakili Wakil Bupati Klaten, Samiadji mewakili Bupati Klaten, Drs. H. Ali Mufiz, MPA disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mewakili Gubernur Jateng.


Menurut Pramudya Sulaksono, bantuan Puskesmas "Alba-Nizza", di Klaten ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat Italia khususnya warga kota Alba dan Nizza Monferrato, Regione Piemonte, Italia kepada Indonesia, khususnya masyarakat di Kecamatan Gantiwarno, Klaten yang tertimpa musibah gempa bumi di Yogyakarta dan Jawa Tengah yang menelan korban sekitar 6.500 jiwa, diantaranya 1.600 jiwa di Klaten dua tahun lalu.


Pramudya Sulaksono mengatakan Italia merupakan negara pertama yang datang membawa bantuan kemanusiaan ke Klaten, mengingat konsentrasi bantuan luar negeri pada waktu itu banyak terkonsentrasi di Yogyakarta, ujarnya.


Sebelumnya pemerintah Italia yang dipimpin Dr. Agosto Miozzo dari Italian Civil Protection Office memberikan bantuan kemanusiaan yang dipusatkan di Kabupaten Klaten berupa 20 tenaga medis dan paramedis, rumah sakit lapangan, tenda darurat dan sebanyak 40 ton obat-obatan.


Sementara itu masyarakat di Italia, khususnya warga kota Alba dan Nizza Monferrato mengorganisir pengumpulan dana sukarela untuk masyarakat Klaten. Dr. Cerato pendiri INSIEME Per L-Indonesia (Bersama Untuk Indonesia) menyampaikan gagasannya kepada KBRI Roma untuk pembangunan Puskesmas di daerah tersebut.


Dr. Roberto Cerrato, Dott. Maurizio Carcione dan Severino dari INSIEME per L-Indonesia sejak April tahun lalu mengadakan pertemuan dengan Pemkab Klaten guna membahas rencana pembangunan Puskesmas Gantiwarno dari puskesmas nonrawat inap menjadi puskesmas rawat inap yang diikuti dengan penandatanganan MoU antara INSIEME dan LSM Lembaga Pengkajian Ekosistem (LPPE) dengan disaksikan oleh Bupati Klaten.


Pembangunan Puskesmas senilai 50.000 Euro diharapkan menjadi landasan kerja sama Indonesia dan Italia, terutama antara Provinsi Jawa Tengah khususnya Kabupaten Klaten dan Kota Alba dan Nizza Monferarato di Regione Piemonte, Italia, dalam meningkatkan kerja sama yang luas bagi peningkatan hubungan bisnis, kerjasama perdagangan dan investasi antara kedua negara.(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 08-04-2008 23:58:25

Tidak ada komentar: