Rabu, 23 April 2008

CEKO BELAJAR BATIK

D0230408000121 23-APR-08 KSR JKT

MAHASISWA JURUSAN DISAIN TEKSTIL CEKO BELAJAR MEMBATIK


London, 23/4 (ANTARA) - Mahasiswa Jurusan Disain Tekstil pada Academy of Arts, Architecture, and Design di Praha tertarik untuk belajar cara membatik dan terkesima ketika menyaksikan proses pembuatan Batik sebagai salah satu karya ternama bangsa Indonesia.


Mereka mengikuti lokakarya membatik yang diadakan KBRI Praha dengan mengundang Hendra Kuswara, pembatik dari Pusat Kerajinan Batik Yogyakarta APIP, di Praha, Selasa.

Azis Nurwahyudi, Koordinator Fungsi Pensosbudpar KBRI Praha mewakili Dubes Salim Said mengatakan pengenalan cara membatik kepada mahasiswa disain tekstil Praha itu merupakan kerjasama antara KBRI Praha dan KBRI Bratislava dalam mempromosikan Batik di kawasan Eropa Tengah dan Timur.


Pada awal lokakarya, mahasiswa beserta dosen pengajar mendapat penjelasan mengenai sejarah dan keanekaragaman Batik Indonesia seperti Batik Pekalongan, Batik Yogyakarta, dan Batik Solo dengan berbagai ciri khas yang membedakan satu dengan yang lainnya.


Kepada para peserta juga dijelaskan mengenai penggunaan kain Batik untuk berbagai kesempatan serta proses pembuatan kain batik dari awal sampai selesainya.


Mahasiswa jurusan disain itu dengan serius mempelajari cara membatik dengan menggunakan canting serta lilin malam untuk mewarnai kain yang disediakan.


Pada akhir kegiatan seluruh peserta mendapatkan kenang-kenangan berupa saputangan batik yang mereka buat sendiri dari hasil mengikuti kegiatan sebagai kenang-kenangan untuk mengingat Batik Indonesia.


Menurut Azis Nurwahyudi, kegiatan workshop ini merupakan bagian dari promosi Indonesia yang dilakukan KBRI Praha sebagai rangkaian peringatan 50 tahun perjanjian kebudayaan Indonesia-Ceko yang diperingati sepanjang tahun ini dengan berbagai acara. ***4***

(U-ZG/B/M007)(T.H-ZG/B/M007/M007) 23-04-2008 13:06:54


Tidak ada komentar: