Senin, 28 April 2008

SCHOOL LINKS

<<>>

D0280408000181 28-APR-08 KSR JKT

DUA GURU SEKOLAH DARUNNAJAH IKUTI PROGRAM SCHOOL LINKS DI INGGRIS


London, 28/4 (ANTARA) - Dua orang guru dari sekolah Darunnajah masing masing Drs.H. Musthofa Hadi Chirzin, S.Ag dan Siti Kholilah Yasin, S.Ag berada di Inggris selama dua minggu mengikuti program kemitraan (school links) dengan sekolah The Holy Family Catholic School (HFCS) Keighley, United Kingdom.


"Banyak yang kami dapatkan selama mengikuti program school links, yang nantinya bisa kami terapkan di sekolah kami," ujar Drs.H. Musthofa Hadi Chirzin, S.Ag kepada koresponden LKBN Antara London, Minggu.


Program kemitraan Darunnajah dengan The Holy Family Catholic School (HFCS) Keighley, United Kingdom, berawal dari kehadiran PM. Inggis waktu itu, Tony Blair ke Darunnajah pada April 2006 yang berlanjut dengan program kerjasama kedua lembaga pendidikan.


Menurut Musthofa, selama menjalani program school links banyak pengalaman yang diperolehnya terutama dengan adanya saling pengertian diantara guru dan murid serta pengenalan langsung mengenai program pengajaran di dalam kelas.


Dihadapan murid sekolah The Holy Family Catholic School (HFCS) Keighley, Musthofa pun mengajarkan pelajaran Bahasa Indonesia, geografi dan pengenalan mengenai Indonesia. Ternyata banyak murid yang mengetahui tentang Indonesia dan bahkan menyebutkan Bahasa Indonesia tidak sulit untuk dipelajari, ujar Musthofa.


Pengalaman selama mengikuti program School Links bersama Siti Kholilah Yasin, S.Ag, Musthofa mengakui bahwa ada beberapa metode yang bisa diterapkan di Indonesia, meskipun sistem pengajaran kedua sekolah itu berbeda.


"Ada beberapa yang bisa diadaptasi seperti pelajaran interaktif antara murid dan guru," ujarnya seperti diskusi dan kajian mengenai kehidupan sehari hari yang dihadapi seperti terjadinya banjir dan cara penanggulangannya.


Selain itu juga masalah ketertiban, displin dan dedikasi guru yang cukup tinggi serta penghargaan guru terhadap murid murid yang berprestasi.

Sementara itu Siti Kholilah Yasin, S.Ag mengatakan bahwa murid di sekolah HFCS sangat antusias dengan kehadiran mereka berdua begitupun dengan guru gurunya, sayangnya program school links hanya berlangsung selama dua minggu.


"Saya senang bisa mengikuti program kemitraan ini apalagi guru guru sangat ramah begitupun dengan murid murid yang beberapa diantaranya menjalin hubungan dengan murid di Darunnajah.

Pertukaran guru dalam program school links antara Darunnajah dan The Holy Family Catholic School merupakan yang ketiga kalinya sebelumnya Pimpinan Pesantren, Drs.H. Sofwan Manaf, M.Si beserta Rizma Ilfi dan H. Muhbbin, M.Pd, melakukan penjajakan pada akhir tahun 2006.


Pada pertengahan tahun 2007, Darunnajah mengirim dua orang guru, M. Kadhafi Hamdie, M.Ag dan Rizma Ilfi, sementara dari pihak HFCS mengirimkan dua gurunya Chris Bohils dan Francis Linc pada September 2006 dan Nick Eyes dan Emma McConaghy pada November tahun lalu. (U-ZG)


(T.H-ZG/B/S006/B/S006) 28-04-2008 05:03:57

Tidak ada komentar: