Senin, 07 April 2008

ICM I UK JELASKAN ISLAM DAMAI

ICMI UK DIIMINTA JELASKAN TENTANG ISLAM YANG DAMAI


London, 6/4 (ANTARA) - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Kerajaan Inggris diharapkan dapat menjelaskan mengenai agama Islam yang damai dalam upaya menangkal pemberitaan yang miring disekitar umat Muslim yang sering dimuat oleh media Barat.


"Apa pun yang diberitakan mengenai Islam tetap akan menjadi promosi yang baik. "Bad news its a good news," ujar Dr Omar Nurullah Siddigi, salah seorang imam masjid kota London dalam acara pertemuan bulanan anggota ICMI UK yang diadakan di London, Minggu.


Pertemuan bulanan anggota ICMI UK selain dihadiri anggota ICMI UK yang datang dari berbagai daerah di Inggris Raya seperti Skotlandia, Manchester dan St Albans itu juga diikuti anggota lainnya melalui jaringan online Yahoo Massenger.


Ustad Omar, seorang da'i Islam Awareness di Kepolisian Metropolitan London itu mengatakan bahwa kesan buruk tentang Islam yang sering dimuat di media massa Inggris seharusnya disikapi dengan interaksi yang lebih banyak dengan kaum non Muslim.


Sebaiknya anggota ICMI di Inggeris Raya dapat menjelaskan berbagai hal mengenai Islam dan juga hubungan antar agama dengan dasar yang sama atau "common ground".


Dikatakannya ,umat Islam, wajib menghormati Nabi Musa dengan Tauratnya dan Nabi Isa dengan Injilnya, karena mereka semua keturunan Nabi Ibrahim melalui putranya Nabi Ishaq AS, ujarnya sambil menambahkan bahkan Nabi Muhammad SAW juga merupakan keturunan Ibrahim melalui putranya Nabi Ismail dalam melanjutkan dan melengkapi risalah agama sebelumnya yaitu Yahudi dan Nasrani.

Penjelasan seperti itu yang seharusnya disampaikan umat Muslim yang ada di Inggris khususnya anggota ICMI UK dalam menangkal berita berita mengenai Islam yang sering kali tidak mengandung kebenaran, ujarnya.


Menurut Dr Omar, kekuatan Islam adalah ketika diamalkan oleh ummatnya. Ibarat butir peluru yang dilemparkan dengan tangan tak akan mampu membunuh seekor kucing pun, namun jika ditembakkan dari senapan, singa segarang apa pun akan mati. Begitulah saat ini Islam hanya ada dalam kitab-kitab, ibarat peluru tadi, ujarnya.


Sebelumnya Dr Omar yang berasal dari India menjelaskan mengenai sifat sifat Rasul Nabi Muhammad SAW diantaranya yang selalu menyambung silaturahmi kepada yang memutuskan, tetap ramah kepada orang yang tidak suka dan memaafkan orang yang menzaliminya.


Selain itu , ia juga menjelaskan mengenai Rukun Iman dan Rukun Islam yang memiliki kekuatan yang harus dipahami dan diamalkan oleh setiap umat Muslim dimana pun juga . Gunakan intelektual untuk memahami Islam dan ICMI UK dapat menjadi contoh dengan saling memaafkan dan juga perlunya toleransi di negeri yang umat Islamnya menjadi minoritas.


"Justru tugas kitalah menyampaikan Islam kepada non Muslim karena mereka sama berhaknya dengan kita untuk mendapatkan kebenaran, demikian Dr Omar Nurullah Siddigi.


Dalam pertemuan ICMI UK itu, juga dibahas berbagai masalah diantaranya mengenai regenerasi dan mengelar kegiatan besar ICMI UK menghadapi musim panas dengan menyelenggarakan ukhuwah dengan ICMI Eropa. (U-ZG)/B/A011)(T.H-ZG/B/A011/A011) 07-04-2008 08:31:4

Tidak ada komentar: