Selasa, 08 April 2008

PENGHARGAAN RI UNTUK MARJANA KOZINE

D0080408002314 08-APR-08 KSR JKT

RI SERAHKAN PENGHARGAAN PADA "MARJANA KOZINE " NOVA MESTO, SLOVENIA


London, 7/4 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Republik Slovenia yang berkedudukan di Wina, Austria, Triyono Wibowo, atas nama Pemerintah menganugerahkan piagam penghargaan kepada Sekolah Musik "Marjana Kozine" Novo mesto, Slovenia, dan kepala sekolahnya ,Zdravko Hribar.


Penyerahan piagam penghargaan itu berlangsung di Gedung Pusat Kebudayaan Janes Trdina, Novo mesto, Slovenia, Senin disaksikan Walikota Novo mesto, Alojz Muhie, serta ratusan warga Novo mesto.


Sekretaris I Pensosbud KBRI Wina, Darianto Harsono kepada ANTARA London, Senin megatakan acara penyerahan piagam penghargaan Pemerintah Indonesia itu merupakan bagian dari acara budaya yang diadakan kota Novo mesto, yang terletak sekitar 70 km dari ibu kota Slovenia, Ljubljana.


Pemberian penghargaan tersebut merupakan wujud terima kasih dan penghargaan kepada mereka atas perhatian dan dedikasinya yang selama lebih dari 25 tahun memperkenalkan budaya dan musk tradisional Indonsia angklung dan kolintang kepada murid-murid sekolah musik di Slovenia, khususnya kota Novo mesto.


Menurut Darianto Harsono, tanda penghargaan tersebut diberikan kepada Zdravko Hribar dan sekolah musik yang dipimpinnya, atas perhatian dan dedikasinya yang terus menerus dalam memperkenalkan budaya dan musik tradisional Indonesia, angklung dan kolintang, kepada murid sekolah musik di Slovenia, khususnya kota Novo mesto.


Selama lebih dari 25 tahun, sekolah musik "Marjana Konzine" memasukkan dalam kurikulumnya pelajaran musik angklung dan kolintang serta memperkenalkan lagu-lagu daerah Indonesia kepada murid-murid di Slovenia, khususnya di kota Novo mesto.


Duta Besar RI Triyono Wibowo dalam sambutanya atas nama pemerintah Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Hribar dan Sekolah Musik "Marjana Kozine" atas upaya mereka dalam memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat Slovenia khususnya yang tinggal di kota Novo mesto.


Sekolah Musik "Marjana Kozine" Novo mesto memiliki seperangkat alat musik angklung dan kolintang yang masih terawat dengan baik yang merupakan sumbangan Kolonel Jenderal Stane Potocar-Lazar, seorang perwira militer pada masa Yugoslavia yang juga seorang pecinta Indonesia, pada tahun 1981.


Sedangkan alat musik kolintang sumbangan KBRI Wina pada tahun 2002.


Diharapkan dengan adanya pemberian tanda penghargaan tersebut masyarakat Slovenia dapat lebih mengenal Indonesia yang pada akhirnya dapat meningkatkan hubungan bilateral Indonesia - Slovenia yang selama ini telah terjalin dengan baik.


Pada kesempatan penyerahan tanda penghargaan tersebut juga diperdengarkan alunan musik kolintang yang dimainkan oleh murid-murid sekolah musik "Marjana Kozine" Novo mesto, demikian Darianto Harsono. (U-ZG)/C/A011)(T.H-ZG/C/A011/A011) 08-04-2008 07:14:29


Tidak ada komentar: