Minggu, 05 Juli 2009

INDONESIA IKUT UNIVERSIADE

UMUM-INDONESIA IKUT PANAHAN DAN TAEKWONDO DI UNIVERSIADE BEOGRADE

London, 3/7 (ANTARA) Indonesia ambil bagian dalam pesta olahraga Universiade yang ke-25 dengan kontingen berjumlah 20 orang yang akan bertanding dalam cabang panahan dan taekwondo.

Pesta olahraga mahasiswa "The 25th Summer Universiade" secara resmi dibuka Perdana Menteri Serbia, Mirko Cvetkovic dan dihadiri Presiden Serbia, Boris Tadic beserta jajaran menteri lainnya bertempat di Beograde Arena berlangsung 1-12 Juli 2009.

Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Beograde Ance Maylany kepada koresponden ANTARA London, Jumat mengatakan acara pembukaan berlangsung pukul 20.00 waktu setempat dihadiri kurang lebih 15.000 penonton dan sekitar 8500 olahragawan dari 145 negara.
Hadir juga pada acara yang merupakan pesta olahraga terbesar yang pernah diselenggarakan di Serbia di antaranya pejabat tinggi pemerintahan setempat dan perwakilan negara-negara asing di Beograd.

Pembukaan yang diawali dengan parade para kontingen peserta Universiade yang berangkat dari perkampungan atlet menuju tempat pembukaan di Belgrade Arena berjarak kurang lebih tiga km.

Masyarakat Beograd memenuhi jalan-jalan utama dimana parade rombongan atlet dan official Universiade ini berjalan yang diliput stasiun televisi nasional setempat.

Acara pembukaan Universiade ke-25 dimulai sambutan Ketua Organizing Committee Universiade yang dijabat Wakil PM Serbia, Bozidar Djelic dan Ketua International University Sports Federation (FISU) George Killian.

Pemerintah Serbia menaruh perhatian pada penyelenggaraan Universiade ini dengan melibatkan berbagai departemen antara lain Kementerian Dalam Negeri, Pemuda dan Olahraga, Kesehatan, Kementerian Kebudayaan, Kementerian Infrastruktur, Kementerian Lingkungan dan Perencanaan Ruang dan Kementerian Perdagangan dan Jasa.

Acara pembukaan berlangsung di Belgrade Arena dengan kapasitas 26.000 kursi memperbantukan 10.000 sukarelawan mahasiswa yang berusia sekitar 22 tahun dari Serbia dan delapan negara yang akan bertugas membantu jalannya kegiatan Universiade.

Universiade sebagai sebuah olimpiade tingkat Universitas kali ini mempertandingkan 15 cabang olahraga dan diselenggarakan di 60 lokasi di seluruh Serbia.

Selain Beograd, kota-kota lain yang menjadi tempat menyelenggarakan pertandingan olahraga di antaranya kota Vrsac, Novi Sad, Zrenjanin, Indjija, Smederevo, Lazarevac, Obrenovac dan Stara Pazova.


Kontingen Indonesia
Ance Maylany mengatakan kontingen Indonesia yang mengikuti Universiade tiba dalam dua tahap, atlet dari cabang olahraga taekwondo beserta rombongan ofisial khususnya dari Badan Pengurus Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) tiba di Beograt sejak 29 Juni lalu.

Sementara rombongan kedua tiba 5 Juli mendatang atlet dari cabang panahan.

Persiapan atlet untuk di cabang taekwondo diawali dengan try-out melalui keikusertaan pada 10th World University Championship yang diselenggarakan di Beograd tahun lalu.

Saat itu atlet Indonesia memperoleh medali perunggu pada enam kategori yang diikuti selama lima hari. Peraih perunggu adalah Selviana Angelina Rosok, pemenang medali emas dari Kalimantan Timur pada PON ke-17.

Pertandingan pertama tim Indonesia di cabang taekwondo akan berlangsung pada 3 Juli.
Tim Indonesia berharap pada kedua cabang orahraga ini dapat meraih sebuah medali emas. Optimisme tinggi diharapkan diraih pada cabang taekwondo.
Universiade dikenal juga sebagai olimpiade tingkat universitas atau yang dikenal World Student Games digelar sejak 1923 namun berubah nama menjadi Universiade tahun 1959 yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali.

Universiade sebelumnya dilaksanakan di Bangkok, tahun 2007 dan tahun 2011 rencananya akan diselenggarakan di Shenzen, China.

***5***
(U-ZG)

(T.H-ZG/B/A008/A008) 03-07-2009 06:55:32

Tidak ada komentar: