Rabu, 22 Juli 2009

KBRI BULGARIA LANCARKAN DIPLOMASI OLAHRAGA

UMUM - KBRI BULGARIA LANCARKAN DIPLOMASI OLAHRAGA TINGKATKAN KERJASAMA

London, 22/7 (ANTARA) - KBRI Sofia menggelar pertandingan olahraga bulutangkis yang bertempat di Stadion Zala Sofia yang diikuti wakil dari berbagai kedutaan besar di Bulgaria.

Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Sofia, Aditya Timoranto, kepada koresponden Antara London, Rabu, mengatakan sebagaimana tahun 2008 lalu, pertandingan olahraga menyambut HUT RI ke-64 ini diselenggarakan bekerjasama dengan BBF yang menyediakan lapangan pertandingan.

Dikatakannya, perwakilan negara sahabat yang ikut dalam pertandingan diantaranya adalah wakil dari kedutaan Jepang dan India serta Chief Executive dari Bulgarian Badminton Federation (BBF), Volodya Zlatev, dan Ketua BBF, Prof. Dr. Puzant Kassabian, serta Ketua Klub Nusantara (perkumpulan warga Bulgaria pencinta Indonesia), Dr. Krassin Himirski.

Sebelumnya, katanya, digelar pertandingan boling untuk membuka rangkaian pertandingan olah raga dalam rangka menyambut HUT RI ke-64.

Menurut Aditya, pertandingan boling tidak hanya diikuti para staf KBRI dan masyarakat Indonesia di Bulgaria tetapi juga wakil dari kedutaan besar negara sahabat termasuk Dubes Korea Utara, Ketua dan anggota Klub Nusantara serta anggota Pesona Mawar Nusantara/PMN (grup tari binaan KBRI yang beranggotakan pelajar Bulgaria termasuk putri Dubes RI.

Dubes RI Immanuel Robert Inkiriwang dalam sambutannya menyampaikan dengan partisipasi wakil dari kedutaan besar negara sahabat, Klub Nusantara dan PMN dalam rangka peringatan HUT RI ke-64 ini diharapkan akan dapat mempererat persahabatan, dan kerjasama melalui kegiatan olahraga.

Dalam rangkaian peringatan HUT RI tersebut juga digelar pertandingan menembak dengan pistol 9 mm yang dibagi dalam dua kategori yaitu pria dan wanita diadakan di Levski Sport Centre.

Selain staf KBRI dan masyarakat Indonesia, pertandingan menembak kali ini juga diikuti oleh anggota Klub Nusantara.

Menurut Aditya, para peserta dari kedutaan besar negara sahabat dan Klub Nusantara menghargai prakarsa KBRI dalam menyelenggarakan ketiga pertandingan tersebut dengan mengundang mereka untuk berpartisipasi.

Begitu pula BBF yang menyediakan fasilitas berlatih secara gratis di Zala Sofia bagi staf KBRI dan staf Kedubes negara sahabat yang berminat.

Bahkan pertandingan badminton ditonton pemain tim nasional Bulgaria. Juara nasional pria Bulgaria, Stilian Makarski, dan pemain putri terbaik Bulgaria, Petya Nedelcheva yang saat ini menempati peringkat ke-13 dunia juga turut memberikan piala bagi pemenang.

***5***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/A016/C/A016) 22-07-2009 10:53:49

Tidak ada komentar: