Jumat, 24 Juli 2009

KANTOR ITPC LYON

KUAI PARIS RESMIKAN PEMBUKAAN KANTOR ITPC LYON

London, 24/7 (ANTARA) - Kuasa Usaha Ad-Interim KBRI Paris, Maruli Tua Sagala, meresmikan Pusat Promosi Ekspor atau Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Departemen Perdagangan di Lyon, Perancis.

Pendirian kantor ITPC di Lyon merupakan salah satu strategi diversifikasi ekspor yang ditempuh melalui kegiatan promosi dan pemasaran produk-produk Indonesia, demikian keterangan pers dari ITPC Lyon yang diterima koresponden Antara London, Jumat.

Pada pembukaan kantor ITPC oleh KUAI Paris itu hadir pejabat KBRI Paris, Konjen RI di Marseille, KADIN setempat, walikota kota Lyon dan sekitarnya, importir, unsur Perbankan dan masyarakat Franco-Indonesia, serta pelajar Indonesia di Perancis yang tergabung dalam PPI Perancis.

Dalam sambutannya Maruli Tua Sagala menekankan kekayaan Indonesia yang begitu besar, yang bila dikombinasikan dengan potensi Perancis sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kelima di dunia akan menghasilkan kerjasama perdagangan yang sangat prospektif bagi kedua Negara.

Ia yakin ITPC akan memberikan hasil yang positif bagi kedua Negara. Apalagi, volume perdagangan ekspor dan impor antara kedua negara mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sekitar 2,99 Miliar dolar AS tahun 2008 dengan pertumbuhan 19,12 persen antara tahun 2007-2008.

Sementara itu, Thierry Philip, Walikota Lyon 3 menilai keputusan Pemerintah RI untuk memilih Lyon adalah sangat tepat. Lyon merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Perancis. Selain itu, ITPC berada di lokasi yang strategis, pusat jasa dan komersial yang dinamis, setara dengan sektor La Defense di Paris.

Sedangkan Jacques de Chilly, Direktur Eksekutif ADERLY, mewakili unsur KADIN Perancis, menyatakan kesiapannya untuk membantu ITPC Lyon dalam menjalankan misinya serta memfasilitasi pengusaha Indonesia yang ingin membuka jaringan bisnis di Lyon dan berharap agar ITPC dapat menjadi pionir bagi negara-negara Asia lainnya.

Kantor Pusat Promosi Ekspor (ITPC) baru di Lyon berada dibawa Departemen Perdagangan RI melalui Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN)/ National Agency For Export Development/NAFED) mendapatkan dukungan dari Deplu.

Pembentukan ITPC d kota Lyon berada dibawah koordinasi KBRI di Paris dengan misi utama memberikan pelayanan informasi pasar, menyelenggarakan kegiatan kontak bisnis, melakukan pembinaan dan pengembangan jejaring bisnis serta penanganan permintaan hubungan dagang
Secara lebih spesifik, sebagai institusi nir-laba, kantor ITPC Lyon memberikan bantuan pelayanan informasi dan konsultasi bagi pengusaha Perancis yang ingin melakukan pengembangan usahanya ke Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin mengimpor produk dari Indonesia.

Jenis layanan yang dapat diperoleh dari ITPC, antara lain membantu mencarikan mitra dagang (eksportir) yang potensial di Indonesia, konsultasi bisnis mengenai situasi dan kondisi perdagangan ekspor Indonesia.

Selain itu, ITPC juga pengaturan pertemuan bisnis antara pengusaha Perancis dan Indonesia, misi pembelian ke Indonesia, serta memberikan solusi kelancaran bisnis antara pengusaha Perancis dan Indonesia.

Selain pelayanan informasi, ITPC memiliki ruang pamer yang menampilkan berbagai produk seperti furniture, kerajinan tangan, makanan olahan, serta berbagai bahan publikasi, diantaranya untuk profil produk, katalog produk, dan berita ekspor. ***3***
(T.H-ZG/B/A027/A027) 24-07-2009 16:24:11

Tidak ada komentar: