Selasa, 21 Juli 2009

RADIO BULGARIA KERJA SAMA DENGAN RRI

RADIO NASIONAL BULGARIA INGIN BEKERJA SAMA DENGAN RRI

London, 14/7 (ANTARA) - Radio Nasional Bulgaria atau Bulgarian National Radio (BNR) berkeinginan untuk menggalang kerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) .

Hal itu terungkap pada saat kunjungan kerja Dubes RI untuk Bulgaria , Immanuel Robert Inkiriwang, dan diplomat serta Ketua dan anggota Darma Wanita Persatuan KBRI Sofia ke Bulgarian National Radio (BNR) pekan silam.

Sekretaris Ketiga, Sosial-Budaya, Protokol & Konsuler KBRI Sofia, Bulgaria Aditya Timoranto kepada koresponden Antara London, Selasa mengatakan Dubes RI dan rombongan diterima Dirjen BNR, Valeri Todorov, didampingi Direktur Kanal Hristo Botev, Pauliana Novakova. Dirjen BNR menyambut baik gagasan kerja sama yang dikemukakan Dubes RI tersebut.

Dubes RI juga menyampaikan arti penting kerja sama antara radio nasional dalam rangka lebih meningkatkan kerja sama bilateral RI-Bulgaria yang telah terjalin dengan baik selama 53 tahun, kata Aditya Timoranto..

Dikatakannya , kerja sama bilateral dapat meningkat apabila rakyat kedua negara dapat lebih saling mengenal.

Dalam hal ini, radio memainkan peranan vital, dan ditawarkan adanya kerja sama KBRI dengan BNR guna mendukung upaya lebih mengenalkan Indonesia kepada masyarakat Bulgaria.

Dirjen BNR setujui saran diadakannya program penyiaran musik dan lagu-lagu tradisional dan pop Indonesia serta dari negara-negara lainnya selama 30 menit.

Dubes RI dan rombongan juga berkesempatan meninjau beberapa unit kerja di BNR, antara lain Kanal Horizon, Radio Sofia dan Radio Bulgaria (programa internasional).

Pada saat berkunjung ke unit Radio Bulgaria, Dubes RI menerima permintaan untuk diadakan wawancara singkat mengenai perkembangan hubungan bilateral RI-Bulgaria, dan pada kesempatan itu ditekankan hubungan yang terjalin selama 53 tahun perlu lebih ditingkatkan dengan memberikan prioritas kerja sama di bidang ekonomi, terutama perdagangan, investasi dan pariwisata.

BNR didirikan 1930. Radio nasional Bulgaria ini merupakan media massa terbesar di Bulgaria dengan 10 stasiun radio dan 3 kanal/ programa yang terdiri atas dua kanal nasional (Horizon dan Hristo Botev) serta Radio Bulgaria.

Sementara kanal internasional dalam 11 bahasa asing yaitu Bulgaria, Rusia, Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Serbia, Yunani, Albania, Turki dan Arab). BNR juga memiliki tujuh programa regional yaitu di kota Plovdiv, Varna, Shumen, Stara Zagora, Blagoevgrad, Sofia dan Vidin.

Ditambahkan bahwa BNR beroperasi di semua frekuensi (MW, FM dan SW) dan jangkauan siarannya di Bulgaria mencapai 90 persen BNR juga menaungi empat kelompok musik yaitu symphony orchestra, mixed choir, children's choir dan big band. ***3***
ZG/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 14-07-2009 09:01:30

Tidak ada komentar: