Kamis, 02 Juli 2009

SOSIALISASI PILPRES DI BERLIN

Pemilu - RATUSAN WNI IKUTI SOSIALISASI PILPRES DI BERLIN

London, 2/7 (ANTARA) - Sekitar 230 warga masyarakat Indonesia yang tinggal di Berlin dan sekitarnya, memadati acara Sosialisasi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009 yang diadakan PPLN dan KPPSLN Berlin bertempat di Aula KBRI Berlin.

Counsellor Pensosbud KBRI Berlin Agus Priono dalam keterangannya kepada koresponden Antara London, Kamis, menyebutkan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Berlin juga melakukan kegiatan sosialisasi di kota Dresden, Erfurt dan Magdeburg.

Acara sosialisasi di KBRI Berlin tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh PPLN dan KPPSLN Berlin dalam rangka menyebarluaskan informasi berkaitan dengan Pemilu Presiden/Wakil Presiden Tahun 2009 yang akan berlangsung pada tanggal 8 Juli 2009.

Dubes RI Berlin, Eddy Pratomo dalam sambutan menghimbau kembali kepada masyarakat Indonesia yang berdomisili di Jerman untuk menggunakan hak pilihnya dalam rangka ikut menentukan masa depan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Ketua PPLN Berlin, Rommy Hermawan memberikan penjelasan mengenai hal-hal terkait dengan pelaksanaan Pemilu Presiden 2009.

Selain itu juga disampaikan hal teknis dan administratif seperti cara memilih yang sah dan tidak saah, pemilihan melalui pos/langsung, penghitungan suara, serta profil dan visi-misi tiga pasangan capre/cawapres melalui tayangan video yang diambil dari salah satu stasiun TV di Indonesia.

Beberapa pertanyaan dan masukan yang muncul pada acara tersebut antara lain mencakup warga yang baru tiba di Berlin, namun tidak dilengkapi dengan formulir A-7 karena A-7 belum diterima, dan penyiapan diagram cara memilih sehingga mudah dimengerti, dapat ditanggapi dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, media nasional seperti Kompas, Gatra dan Tempo serta TV One yang sedang mengikuti kursus pelatihan oleh INWENT, serta koresponden Detik.COM di Berlin juga ikut mengikuti dan meliput jalannya sosialisasi.

KBRI Berlin secara aktif memfasilitasi pelaksanaan sosialisasi oleh PPLN dan KPPSLN Berlin dengan menyediakan ruangan, peralatan, transportasi dan konsumsi dan sekaligus memanfaatkan kesempatan untuk beramah tamah dengan warga masyarakat Indonesia yang tinggal di Berlin dan sekitarnya.

Untuk beberapa kota di luar Berlin, KBRI juga mengoptimalkan acara sosialisasi dimaksud dengan membuka "Warung Konsuler" yang memberikan pelayanan kepada warga Indonesia.

Dalam kaitan tersebut, juga diumumkan Batas Akhir Penyampaian Pengajuan Permohonan Kembali Kewarganegaraan RI berdasarkan UU No.12 Tahun 2006. ***1***
(U.H-ZG/B/A041)
(T.H-ZG/B/A041/A041) 02-07-2009 10:44:46

Tidak ada komentar: