Kamis, 30 Juli 2009

KERAJINAN INDONESIA DIMINATI DI ROMA

KERAJINAN INDONESIA DIMINATI DI FESTIVAL ROMA

London, 30/7 (ANTARA) - Berbagai produk kerajinan Indonesia diminati pengunjung Festival I'lsola del Cinema ke-15 yang merupakan promosi terpadu mengabungkan pagelaran budaya dan produk kerajinan yang digelar di Roma yang berlangsung selama dua bulan hingga Agustus mendatang.

Counsellor Pensosbud KBRI Roma Musurifun Lajawa kepada koresponden Antara London, Kamis mengatakan dalam Festival I'lsola del Cinema, KBRI Roma mendapat bantuan dari Borobudur Artigianato Indonesiano, Genoa dan Global Export Services-NTB.

Dikatakannya Festival I'lsola del Cinema merupakan promosi terpadu menggabungkan pergelaran budaya dan perfilman serta pameran produk kerajinan internasional selama musim panas di Pulau Tiberina, pulau buatan di tengah Sungai Trastevere membelah kota Roma.

Festival diselenggarakan Asosiasi Persahabatan dan Kebudayaan Trastevere bekerjasama dengan Komunitas Santa Egidio dan dipatroni Presiden Italia, Georgio Napolitano.

Menurut Musurifin, melihat besarnya potensi Festival I?lsola del Cinema untuk promosi citra Indonesia, KBRI Roma memfasiltasi dua pengusaha Indonesia dengan menyediakan anjungan untuk pameran produk kerajian Indonesia, termasuk perhiasan, pakaian, alas kaki, dan musik relaksasi (spa) Indonesia.

Produk-produk Indonesia yang ditampilkan termasuk berkelas, eksotik, dan kompetitif banyak diminati pengunjung yang mencapai 13.000 orang selama Juli, atau rata-rata 400-450 orang setiap malam.

Pada akhir Agustus, keseluruhan pengunjung anjungan Indonesia diharapkan mencapai sedikitnya 25.000 orang.
KBRI Roma juga memanfaatkan anjungan Indonesia di Pulau Tiberina memajang standing banner tentang Trade Expo Indonesia 2009 serta membagikan bahan promosi pariwisata, perdagangan dan investasi kepada pengunjung.


Mendag di anjungan Indonesia
Seusai menghadiri KTT G 8 di L'Aquila Mendag Mari Elka Pangestu didampingi Dubes Mohamad Oemar juga berkesempatan mengunjungi Isola del Cinema khususnya anjungan Indonesia.

Mendag mengharapkan keikutsertaaan Indonesia pada I?lsola del Cinema pada tahun-tahun yang akan datang dapat diperluas dengan pertunjukan budaya, dan penyajian kuliner Indonesia.

Pengunjung Pulau Tiberina setiap tahun rata-rata 300.000 orang, terdiri dari pejabat, diplomat, pengusaha, artis, tour operator, dan masyarakat.

Bintang tamu yang hadir dalam pertunjukan film di diantaranya artis terkenal Italia, Nino Manfredi, Christian de Sica dan Carlo Verdone. Sedangkan selebriti internasional diantaranya Rupert Everett, Ronit Elkabetz, David Wenham dan Krisztoff Zanussi.

Negara-negara peserta I'lsola del Cinema tahun ini diantaranya Argentina, Australia, Inggris, Jepang, Indonesia, Israel, Italia, Yordania, Meksiko, Polandia, dan Mesir. ***3***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 30-07-2009 18:15:08

Tidak ada komentar: