Minggu, 05 Juli 2009

PADUAN SUARA ITB DI CEKO

PADUAN SUARA ITB TAMPIL MEMUKAU DI CEKO

London, 6/7 (ANTARA) - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB yang melantumkan lagu Barat serta lagu tradisional Indonesia dan rakyat Ceko yang berjudul Jade Sedlak, mendapat sabutan meriah dari ratusan undangan dan pengunjung Museum Nasional Ceko di Praha, Minggu.

PSM ITB yang terdiri atas 42 penyanyi tampil sepanjang dua jam dengan menyanyikan beragam lagu dari berbagai negara, demikian Sekretaris I Pensosbudpar KBRI Praha, Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Minggu.

Dikatakannya, pada penampilan pertama PSM ITB menyanyikan lagu Abendlied karya Josef Rheinberger, Un Sonnet Per Tu karya Josef Villa, dilanjutkan Water Night gubahan Eric Whitacare, dan Jokpiniana No.1 karya Ananda Sukarlan, diakhiri dengan Karimana Nu Kuicha yang ditulis Ko Matahushita.

Sedangkan pada sesi kedua, PSM ITB secara khusus menampilkan lagu-lagu tradisional Indonesia. Indra Listyanto yang menjadi dirijen PSM memulai dengan lagu Sin-sin Sibatumanikam, Soleram, Lul-Luk Lumbu, Bengawan Solo, Bubuy Bulan, Wor dan Janger, ujarnya.

Menurut Azis Nurwahyudi, dalam pagelaran tersebut juga ditampilkan Tari Saman sebagai persembahan terakhir. Sementara lagu tradisional yang ditampilkan dengan gerakan tari disambut sangat dan meriah oleh diplomat dan mahasiswa asing serta mitra KBRI Praha dan juga pengunjung Museum Nasional Ceko yang lain di Praha.

Dikatakan, sebelum mengakhiri penampilannya di Praha, PSM ITB mempersembahkan lagu rakyat dari Ceko berjudul Jade Sedlak yang diaransemen Jarozlav Krcek.

Para penonton yang sebagian besar warga Ceko nampak sangat menikmati bahkan beberapa di antara mereka turut menyanyi ketika lagu tradisional mereka dilantunkan rombongan mahasiswa dari Indonesia itu.

Sementara masyarakat Indonesia yang hadir tampak terharu ketika lagu Tanah Air dinyanyikan PSM ITB sebelum mereka pamit mundur dari arena pegelaran.

Setelah tampil di Praha, PSM ITB secara khusus diundang untuk tampil memeriahkan acara Karlovy Vary International Film Festival 2009 di sebuah kota yang jaraknya sekitar 150 kilometer dari Praha.
Pada acara tersebut direncanakan hadir sejumlah pejabat Ceko dan artis-artis internasional yang filmnya sedang mengikuti kompetisi di kota yang menjadi salah satu obyek wisata Ceko, demikian Azis Nurwahyudi. (U-ZG) ***5***

(T.H-ZG/B/P004/P004) 06-07-2009 07:23:40

Tidak ada komentar: