Selasa, 21 Juli 2009

MASYARAKAT INDONESIA DI EROPA TETAP INGINKAN SBY

Pemilu-MASYARAKAT INDONESIA DI EROPA TETAP INGINKAN SBY

London, 19/7 (ANTARA) - Masyarakat Indonesia di Eropa tetap menginginkan Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Presiden dan memimpin Indonesia bersama Prof. Dr. Boediono untuk lima tahun mendatang.

Sebanyak 1535 atau 75,43 persen pemilih dari TPL LN London baik langsung maupun melalui pos memilih pasangan SBY bersama Boediono , ujar Sekretaris Satu KBRI London yang juga Sekretaris PPLN London Novan Ivanhoe Saleh kepada koresponden Antara London, Minggu.

Ivanhoe Saleh mengatakan dari hasil penghitungan suara Pilpres melalui pos di PPLN London yang disaksikan Dubes RI di London, anggota Waslu LN dan masyarakat Indonesia pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto mendapatkan 210 suara, SBY- Boediono meraih 1259, sedangkan Jusuf Kalla dan Wiranto mereima 159 suara dan 50 suara dinyatakan tidak sah.

Dari hasil keseluruhan baik melalui pos maupun dari TPS Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto meraih 241 suara dan pasangan SBY-Boediono 1535 suara, sedangkan Jusuf Kalla-Wiranto meraih 196 dan suara tidak sah 63 suara.

Sementara itu, dari Stokholm hasil penghitungan suara di TPSLN dikirimkan melalui pos di PPLN Swedia memperlihatkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono mendapatkan 209 suara .

Sekretaris I/Sosbud KBRI Swedia Dody Kusumonegoro mengatakan pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto mendapatkan 44 suara dan pasangan Jusuf Kalla-Wiranto mendapatkan 21 suara , sementara 19 suara dinyatakan tidak sah.

Pembukaan, penghitungan serta rekapitulasi surat suara yang dilakukan di KBRI Stockholm oleh PPLN Swedia juga disaksikan Duta Besar RI di Swedia serta staf dan anggota masyarakat.


Mengheningkan cipta
Dari Brusel , Dubes RI untuk Belgia Nadjib Riphat Kesoema mengajak masyarakat untuk mengheningkan cipta sebelum dilakukannya proses penghitungan suara hasil pemilu presiden melalui pos di Ruang Garuda KBRI Brussel terhadap para korban pemboman di Jakarta .

"Marilah kita bersama-sama menundukkan kepala sejenak untuk mengenang saudara-saudara kita yang telah menjadi korban dari tindakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab? , ujar Dubes kepada masyarakat Indonesia yang hadir.

Sekretaris Ketiga Pensosbud/Diplik KBRI Brussel, Royhan N. Wahab, mengatakan Menlu Belgia Yves Leterme yang baru terpilih mengirimkan surat kepada mitranya N. Hassan Wirajuda menyatakan keprihatinan dan duka pemerintah serta rakyat Belgia kepada seluruh masyarakat Indonesia dan keluarga korban atas kejadian yang menyedihkan tersebut.

Dubes Nadjib, yang baru kembali dari menghadiri forum pertemuan konsultasi bilateral RI - UE yang berlangsung di Yogyakarta 13-14 Juli lalu , menyatakan kejadian ini telah mengganggu dan merusak ketenangan serta kedamaian bangsa Indonesia yang baru menyelesaikan melaksanakan pesta demokrasi,

SBY unggul
Menurut Roy, proses penghitungan suara pemilu melalui pos sebanyak 412 surat yang masuk pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono memperoleh 312 suara , pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto 58 suara. Sementara pasangan Jusuf Kalla dan Wiranto memperoleh 22 suara.

Secara keseluruhan, jumlah perolehan suara baik pemilu yang dilakukan di TPSLN KBRI Brussel maupun melalui pos bagi pasangan SBY dan Boediono 483 suara. Pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto 91 suara. Sedangkan Jusuf Kalla dan Wiranto mendapatkan 22 suara.

Dubes Nadjib menyampaikan penghargaannya kepada seluruh Warga Negara Indonesia dan anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) KBRI Brussel yang telah menyukseskan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2009 ini.

"Saya bangga dan senang bahwa pelaksanaan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Brussel ini telah berlangsung dengan aman, tertib, dan damai. Ini adalah prestasi kita semua dan seluruh bangsa Indonesia," demikian Dubes Nadjib. ***1****.


ZG/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 19-07-2009 15:48:05

Tidak ada komentar: