Selasa, 19 Januari 2010

HARGA BERAS DUNIA MERANGKAK NAIK

HARGA BERAS DUNIA MERANGKAK NAIK

London, 20/1 (ANTARA) - Organisasi Pangan Sedunia (FAO) memperkirakan harga beras dunia cenderung meningkat.

Dalam laporannya 'FAO Rice Price Update' yang dikeluarkan awal tahun 2010, berdasarkan indeks harga beras menunjukkan bahwa harga rata-rata beras dunia 2009 mengalami penurunan sekitar 14,2 persen dibanding 2008.

Atase Pertanian KBRI Roma Erizal Sodikin jepada ANTARA London, Rabu menyebutkan, penurunan tertinggi dialami beras jenis Indica kualitas rendah yang mencapai sekitar 31,8 persen pada kurun waktu yang sama.

Sementara untuk jenis beras Japonica justru sedikit mengalami kenaikan di tahun 2009 ini sebesar 8,2 persen.
"Jika diperhatikan secara rinci dan berdasarkan pada harga beras bulanan khususnya dengan membandingkan antara harga beras Desember dan Nopember 2009, harga beras dunia mengalami peningkatan," ujarnya.

Bahkan beberapa jenis beras harganya lebih tinggi dibandingkan dengan harga Desember 2008 seperti semua jenis beras dari Thailand dan Vietnam.

Hanya beras jenis California Medium Grain AS dan Basmati Pakistan yang harganya lebih rendah dibandingkan dengan harga pada bulan yang sama tahun 2008.

Menurut Erizal Sodikin, dengan data itu, instansi terkait dapat mengantisipasi kecenderung peningkatan harga beras dunia ini, khususnya dalam kajian terhadap kebijakan impor dan ekspor beras, sehingga harga beras dalam negeri tetap terjaga pada level yang rasional.

Sementara harga minyak dunia saat ini berkisar pada harga 70-80 dolar per barrel.

Adanya perubahan iklim global, dan bencana alam yang akhir-akhir ini frekuensinya cenderung meningkat, maka bukan tidak mungkin harga beras dunia semakin meningkat, demikian Erizal Sodikin.

(U-ZG)
(T.H-ZG/B/R007/R007) 20-01-2010 07:46:49

Tidak ada komentar: