Kamis, 21 Januari 2010

MENKES :PENTING KESEPAKATAN GLOBAL TANGANI PANDEMIK INFLUENZA

MENKES :PENTING KESEPAKATAN GLOBAL TANGANI PANDEMIK INFLUENZA

London, 21/1 (ANTARA) - Pemerintah Indonesia menegaskan kembali pentingnya kesepakatan global dalam kerja sama penanganan dan kewaspadaan menghadapi pandemik-influenza.

Penegasan itu disampaikan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, yang memimpin delegasi RI pada Sidang ke-126 Executive Board WHO di Jenewa baru-baru ini , ujar Sekretaris Pertama PTRI Jenewa, Acep Somantri, kepada koresponden Antara London, Kamis.

Menurut Acep Somantri, dalam pertemuan tersebut, Menkes kembali menggarisbawahi posisi Indonesia tersebut di depan negara-negara kunci organisasi kesehatan dunia.

Menkes mengatakan bahwa disepakatinya Resolusi Majelis Badan Kesehatan Dunia No. 60.28 tahun 2007 mengenai pandemic influenza preparedness hendaknya terus dipelihara melalui pelaksanaan yang transparan, adil, berkelanjutan dan berimbang.

Dengan demikian akan dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh Negara, ujar Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih.

Untuk segera menuntaskan pembahasan mengenai kerangka mekanisme tindak lanjutnya, Indonesia menjadi negara yang memelopori perundingan global untuk menyepakati kerangka mekanisme untuk merespon secara efektif kemungkinan terjadinya situasi pandemik di masa depan.
Dalam rangkaian sidang ke-126 Executive Board WHO tersebut, Delegasi RI secara intensif terus menggalang dukungan dari negara-negara anggota guna mendukung inisiatif Indonesia tersebut.

Diharapkan melalui pendekatan yang dilakukan delegasi Indonesia tersebut, kesepakatan global tentang kesiapan dalam menghadapi pandemik influenza terbangun, yang pada gilirannya dapat menghindarkan dunia dari bencana wabah penyakit yang mengancam jiwa, kata Acep Somantri.

(U-ZG)/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 21-01-2010 07:17:50

Tidak ada komentar: