Rabu, 27 Januari 2010

KBRI BERLIN DAMPINGI MAHASISWA DALAM KASUS KEBAKARAN

KBRI BERLIN DAMPINGI MAHASISWA DALAM KASUS KEBAKARAN

London, 28/1 (ANTARA) - KBRI Berlin ikut mendampingi mahasiswi Indonesia dalam proses wawancara oleh kepolisian Erfurt, Jerman berkaitan dengan kasus kebakaran di pemondokan mahasiswi yang terletak di samping Universitas Erfurt.

Pendampingan itu dilakukan untuk memastikan bahwa hak-hak warga negara Indonesia dapat terjamin sesuai dengan hukum yang berlaku di Jerman, ujar Counsellor Pensosbud KBRI Berlin, Agus Priono kepada koresponden Antara London, Kamis.

Agus Priono mengatakan dua pejabat KBRI Berlin telah memberikan pendampingan langsung kepada mahasiswa Indonesia dalam wawancara kasus kebakaran di Erfurt tersebut pada tanggal 26 Januari .

Menurut Agus Priono, pendampingan oleh pejabat KBRI tersebut adalah upaya untuk melaksanakan UU Hubungan Luar Negeri dan Tugas Pokok dan Fungsi Perwakilan RI.

Secara khusus, Thomas Danke dari Kantor Kepolisian Erfurt, menyampaikan penghargaan kepada KBRI Berlin yang telah meluangkan waktunya untuk datang ke Erfurt guna mendampingi WNI dalam wawancara yang kedua oleh pihak kepolisian Jerman .

Thomas Danke mengemukakan bahwa dari hasil laporan tim TKP Pertama dan Tim Ahli Pemeriksa Penyebab Kebakaran untuk sementara disimpulkan bahwa hampir dapat dipastikan bahwa 90 persen dari penyebab kebakaran di asrama mahasiswa adalah karena masalah teknis dari mini oven yang ada di kamar mahasiswi Indonesia.

Dengan demikian, kemungkinan besar penyebab kebakaran tersebut bukan dari kesalahan atau kelalaian yang disengaja dari mahasiswi Indonesia tersebut, demikian Agus Priono.


(U-ZG)/B/a011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 28-01-2010 06:00:31

Tidak ada komentar: