Sabtu, 02 Januari 2010

REFLKESI AKHIR TAHUN DI BERLIN KENANG GUS DUR

REFLKESI AKHIR TAHUN DI BERLIN KENANG GUS DUR

London, 2/1 (ANTARA) - KBRI bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Berlin mengelar operet dan lagu untuk mengenang Gus Dur dalam acara mengheningkan cipta dan doa bersama yang mengawali acara refleksi 2009 dan proyeksi 2010 di Aula KBRI Berlin.

Acara diikuti sekitar 300 masyarakat Indonesia di Berlin, ujar Counsellor Sosbud dan PIPP KBRI Berlin Agus Priono kepada koresponden ANTARA London, Sabtu.

Dikatakannya, kegiatan tutup tahun kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena bertepatan dengan suasana berkabung atas wafatnya KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, seorang guru bangsa, tokoh pluralisme dan demokrasi.
Menurut Agus Priono, dalam suasana duka Dubes RI Berlin Eddy Pratomo memimpin langsung acara mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan doa bersama yang berlangsung dengan khidmat.

KBRI Berlin juga akan membuka buku duka (condolence book) mulai tanggal 4 hingga 6 Januari untuk memberi kesempatan kepada pemerintah dan masyarakat setempat, perwakilan asing di Berlin dan masyarakat Indonesia di Berlin dan sekitarnya yang ingin menyampaikan bela sungkawa.

Suasana tutup dan sambut tahun di Berlin kali ini juga diwarnai dengan turunnya salju yang paling tebal selama lebih dari 10 tahun terakhir, ujar Agus Priono.

Dubes RI Berlin, Eddy Pratomo pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa banyak keberhasilan yang diraih Indonesia selama 2009, meskipun juga diakui perlunya perbaikan-perbaikan.

Beberapa keberhasilan penting tersebut diantaranya penyelenggaraan pemilu untuk memilih anggota DPR dan Presiden, penangkapan tokoh-tokoh utama aksi teror, pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi yaitu 4,3 persen dan ketahanan terhadap krisis keuangan global.

Sementara itu, dalam kaitan hubungan bilateral RI-Jerman, sebagai suatu puncak kegiatan hubungan dua negara, kunjungan Presiden RI ke Berlin, 15-16 Desember lalu berjalan lancar dan menghasilkan kesepakatan substantif yang direalisasikan dalam kunjungan Kanselir Jerman Angela Merkel ke Indonesia tahun 2011.

Tahun 2009 juga diwarnai dengan keterlibatan KBRI Berlin dalam pembahasan dan negosiasi di berbagai pertemuan terkait perubahan iklim.

Kegiatan hubungan bilateral RI-Jerman tahun 2010 akan ditekankan pada tindak lanjut hasil kunjungan Presiden RI ke Jerman yang sekaligus merupakan persiapan kunjungan Angela Merkel ke Indonesia.

Dubes juga mengharapkan sinergi yang semakin kuat antara Perwakilan RI Berlin dengan elemen-elemen masyarakat Indonesia di Jerman dalam rangka mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari keunggulan-keunggulan Jerman bagi kepentingan bangsa Indonesia. ***5***
(T.H-ZG/B/R014/R014) 02-01-2010 07:30:16

Tidak ada komentar: