Selasa, 12 Januari 2010

SISWA ATHENA KAGUMI BUDAYA INDONESIA

SISWA ATHENA KAGUMI BUDAYA INDONESIA

London, 13/1 (ANTARA) - Siswa Sekolah Rafina di Athena mengagumi kekayaan budaya dan pariwisata Indonesia saat mereka berkunjung ke gedung Kedutaan Besar RI di Athena, Yunani.

Sebanyak 50 orang siswa dan tiga guru pembimbing berkunjung ke KBRI Athena dan mendapat VCD serta brosur mengenai obyek wisata dan budaya Indonesia, kata Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Athena, Jani M. Sasanti kepada koresponden ANTARA London, Rabu.

Menurut Jani, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka kunjungan edukatif sekolah menengah pertama Rafina ke KBRI Athena.

Dikatakannya, cuaca mendung dan hujan lebat tidak menyurutkan antuasiasme siswa kelas III SMP Rafina yang mengunjungi gedung KBRI Athena dan membuat suasana berubah menjadi sekolah bagi siswa yang ingin mengenal kemajemukan seni budaya Indonesia.

Dia mengatakan kunjungan edukatif tersebut merupakan salah satu program kurikuler sekolah untuk mempelajari dan mengenal Indonesia lebih mendalam dari sisi sejarah dan hubungan bilateral serta melihat secara langsung KBRI di Athena.

Duta Besar RI untuk Yunani, Ahmad Rusdi menyambut para siswa dan mengharapkan kunjungan tersebut dapat memperdalam pengetahuan mereka mengenai Indonesia.

Dubes Rusdi juga menawarkan program beasiswa melalui darmasiswa bagi murid Sekolah Yunani yang ingin belajar mengenai seni, budaya dan bahasa di seluruh wilayah Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Rusdi memberikan tanda mata berupa replika patung pasangan Loro Blonyo kepada perwakilan sekolah.

Pihak sekolah diwakili guru pembimbing menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kesempatan berkunjung ke KBRI dan berharap para siswa dapat mempelajari lebih banyak mengenai Indonesia melalui program edukatif ini.

Para siswa memperoleh penjelasan mengenai berbagai hal mengenai Indonesia seperti penduduk, kekayaan alam termasuk flora dan fauna, budaya, sistem pemerintahan hingga perkembangan terkini.
Selain itu dijelaskan pula secara umum mengenai fungsi dan kegiatan KBRI di Yunani dan tugas pelaksana masing-masing fungsi dan dilanjutkan dengan pemutaran film mengenai Indonesia serta peninjauan keliling Gedung KBRI.

Para siswa dan guru mengagumi berbagai benda seni dimiliki KBRI yang menghiasi setiap sudut dinding kedutaan, mulai dari patung Garuda Wisnu Kencana, Kain Songket dan Batik, ukiran relief kayu serta Gamelan.

Mengakhiri program kunjungan, para siswa dan guru dengan antusias mengikuti sesi tanya jawab yang diselingi dengan suguhan makanan kecil khas Indonesia yaitu Risoles dan kue Lumpur.

(T.ZG/B/M016)
(T.H-ZG/B/M016/M016) 13-01-2010 05:42:10

Tidak ada komentar: