Kamis, 17 November 2016

GAMELAN

SISWA IVYDALE DI INGGRIS BERLATIH GAMELAN
     Zeynita Gibbons

     London, 11/11 (Antara) -Murid kelas lima dan enam Sekolah Dasar Ivydale di Inggris dengan  semangat memainkan gamelan mengiringi pertunjukan wayang setelah melakukan latihan selama lima hari bersama pegiat seni budaya Indonesia, Aris Daryono.
          Berbeda dengan pertunjukan wayang pada umumnya ditampilkan di Indonesia maupun di berbagai acara kesenian di Inggris, yang membutuhkan waktu  cukup lama dengan tokoh pewayangan yang biasa ditampilkan, pertunjukan wayang dan gamelan di Sekolah Dasar Ivydale dirancang khusus untuk anak-anak.
       Tokoh yang muncul adalah binatang khas Indoesia yang dibawakan dengan cara mereka yang lucu dan penuh keceriaan, demikian Minister Counsellor KBRI di London, Inggris  Thomas Siregar kepada Antara London, Jumat .
           Penampilan gamelan dan wayang anak-anak Sekolah Dasar Ivydale tersebut adalah pembagian tugas diantara bermain gamelan, wayang dan narator yang membawakan cerita secara bergantian.      
       Masing-masing menjalani perannya dengan bersemangat. Cerita mengenai kekayaan alam Indonesia khususnya faunanya seperti macan sumatera, burung cenderawasih, komodo dan sebagainya dibawakan dalam bentuk cerita dan wayang yang sangat menarik penonton.     
      Para penonton pertunjukan gamelan dan wayang sebagian besar murid Sekolah Dasar Ivydale dan orang tua murid untuk mendapat kesempatan mengenal Indonesia. Setelah pertunjukan gamelan dan wayang para pemain dan siswa yang menyaksikan dengan tertib kembali ke kelas masing-masing dan meneruskan pelajaran sekolah. Hal ini memperlihatkan bahwa gamelan workshop sudah masuk dalam kurikulum belajarnya.
           Program pelatihan Gamelan disampaikan Aris Daryono dengan latihan dan pertunjukan wayang merupakan bagian dari program promosi seni dan budaya Indonesia yang dilaksanakan KBRI London di berbagai sekolah diInggris.
          Sekolah Dasar Ivydale memprogramkan kegiatan bermain gamelan sebagai kegiatan tahunannya. Sampai tahun 2016, program ini dilaksanakan sebanyak empat kali dan akan terus dikembangkan. Untuk itu, KBRI London menawarkan memberikan pengajaran bahasa Indonesia dan pelatihan tari tradisional Indonesia di Sekolah Dasar Ivydale.
            KBRI London terus mengembangkan program kegiatan pelatihan Gamelan di berbagai sekolah di Inggris guna memperkenalkan Indonesia kepada siswa khususnya di tingkat sekolah dasar,,kata Minister Counsellor KBRI London, Thomas Siregar.****4*** T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 11-11-2016 08:35:21

Tidak ada komentar: