Kamis, 17 November 2016

SPANYOL

PRODUK HALAL INDONESIA DIMINATI DI SPANYOL
     Oleh Zeynita Gibbons

     London, 14/11 (Antara) - Sebanyak 29 perusahaan, penghasil produk halal Indonesia menarik perhatian kalangan profesional "buyers dan travel agents" yang mencari mitra untuk wisata halal dalam pameran Expo Halal Spain 2016 di Pusat Arena Pameran IFEMA Madrid, Spanyol.
          Dubes RI di Madrid Yuli Mumpuni Widarso kepada Antara London , Senin, mengatakan partisipasi Indonesia dalam Expo Halal Spain 2016 untuk memperkenalkan pasar produk halal di Eropa dan Afrika Utara kepada  pengusaha Indonesia, terutama potensi pasar produk halal yang cukup menjanjikan.
         Berbagai produk halal Indonesia yang dipamerkan pada ekspo tersebut, seperti  kopi, cokelat, rempah-rempah, mie instant, busana muslim, dan aksesoris 
     Dia mengatakan mendorong partisipasi pengusaha produk halal dari Indonesia untuk ambil bagian dalam pameran itu karena Madrid dan Spanyol strategis, berada di Eropa bagian selatan, berbatasan dengan Afrika Utara yang mayoritas penduduknya muslim.
          Gerai Indonesia didekorasi dengan gambar destinasi wisata halal di Jawa Timur, Lombok, Sumatera Barat, dan Aceh, menarik perhatian kalangan profesional "buyers dan travel agents" yang mencari mitra untuk wisata halal.
          Berbagai produk itu dari 18 perusahaan industri kecil dan menengah (IKM) Binaan Dinas Perindag Propinsi Jawa Barat,  enam IKM anggota Asosiasi Petani Kopi Manggarai, ASIKOM satu perusahaan coklat CV Andalan Utama Makassar, dan tiga perusahaan rempah PT Global Sumatera Lestari MIO, PT Mega Inovasi Organik, Mutu Rempah Sulawesi dan Indofood.
          Panitia penyelenggara Anwar Elmezwaghi, Ambar Connect EO, menyampaikan pihaknya  berkeinginan   menunjukkan aspek yang berbeda dari industri halal sesuai dengan tren pasar global, seperti turisme, dan industri halal lainnya. Permintaan yang mengalami peningkatan untuk memenuhi kebutuhan penduduk Spanyol yang berjumlah 44 juta orang dan turis asing 68 juta per tahun.
           Direktur Pariwisata Pemerintah Provinsi Madrid, Sabine Schwarz mengatakan dipilihnya Madrid sebagai lokasi Expo Halal Spain 2016 tepat karena selain sebagai ibu kota negara, Madrid juga memiliki warisan budaya, yang mempunyai hubungan tradisional dengan tradisi Arab.
       Direktur Pengembangan Bisnis Pusat Arena Pameran IFEMA Madrid, Carlos Gonzalez Garcia de la Barga menyatakan   Expo Halal Spain 2016  diikuti 69 peserta dari 13 negara, yaitu Amerika Serikat, Belgia, Uni Emirat Arab, Indonesia, Inggris, Iran, Italia, Kuwait, Libya, Mesir, Prancis, Spanyol, dan Tunisia, yang sebagian besar menampilkan gerai turisme halal ("travel agent", hotel, restoran).
          Berdasarkan data IFEMA, Expo Halal Spain 2016 dikunjungi 2.000 orang, meningkat dari pada 2015 yang 1.100 orang.
          CEO, Halal Lifestyle Indonesia Sapta Nirwandar mengundang seluruh peserta Expo Halal Spain 2016  berpartisipasi dalam pameran Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference 2017 yang diadakan di Jakarta, Oktober tahun depan.
           Menurut Sapta Nirwandar, perkembangan "halal lifestyle"  menarik dan terus meningkat di beberapa sektor, terutama makanan, perbankan, layanan keuangan, kesehatan, busana, pendidikan,  media, dan turisme.
           Bagi Indonesia, Expo Halal Spain 2016 merupakan peluang yang harus dimanfaatkan, mengingat potensi yang dimiliki, apalagi Indonesia ingin menjadi pusat produk halal dunia dan pemasok utama pasar produk halal dunia.
         Konsumsi produk halal global pada 2018 diprediksi mencapai sekitar 1,63 triliun dolar AS atau 17,4 persen dari total konsumsi dunia. ***3***

(ZG)

(T.H-ZG/B/M.H. Atmoko/M.H. Atmoko) 14-11-2016 06:28:15

Tidak ada komentar: