Rabu, 23 November 2016

RISMA

RISMAHARINI PROMOSI "STARTUP PAHLAWAN EKONOMI" DI IRLANDIA
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 21/11 (Antara) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mempromosikan "Startup Pahlawan Ekonomi" dalam pertemuan tingkat tinggi Startup Nations Summit 2016 dengan memaparkan kebijakan Kota Surabaya dalam mendorong "Startup" di Cork, Irlandia, tanggal 18-20 November 2016.
         Dalam diskusi panel bertema Lessons from City Policy Experimentation, Tri Rismaharini memaparkan kebijakan dalam mendorong "Startup" di Kota Surabaya, demikian Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI London Atu Yudhistira Indarto kepada Antara London, Senin.
         Wali Kota Risma menjelaskan sejumlah kebijakan yang dijalankan untuk mendorong Startup di antaranya kebijakan yang disebut dengan Pahlawan Ekonomi Surabaya dan pembentukan Startup Surabaya, sebagai inkubator bisnis Startup berbasis teknologi.
         Dikatakannya program Pahlawan Ekonomi Surabaya telah menghasilkan lebih dari lima ribu kelompok Ibu di Surabaya dari kalangan tidak mampu untuk membuka Startup dengan bidang usaha dari pakaian, makanan, hingga produk kerajinan.
         Pemerintah Kota Surabaya menyediakan akses terhadap pasar dan lembaga keuangan, serta memberikan pelatihan secara rutin, termasuk pelatihan branding dan packaging. Tujuan utama program ini selain mendorong Startup juga untuk mengatasi kemiskinan," ujar Risma.
         Dalam acara tersebut, Wali Kota Surabaya mendapat penghargaan   Startup Nations Award for Local Policy Leadership 2016 peringkat kedua, sedangkan penghargaan peringkat pertama diraih Ms. Maria J. Vengoechea, Executive Director Barranquilla Chambers of Commerce Kolombia, yang juga dinilai berhasil dalam pengembangan Startup di Kota Barranquilla.
         Penghargaan diberikan kepada tokoh publik yang dinilai berhasil mengimplentasikan kebijakan dalam mendorong pengembangan Startup di wilayahnya.
         Dubes RI London, Dr. Rizal Sukma, menyambut baik upaya promosi Startup dan keberhasilan Wali Kota Surabaya meraih peringkat kedua penghargaan Local Policy Leadership 2016 tersebut. "Keberhasilan kebijakan pendorong Startup yang dilakukan Wali Kota Risma  menunjukkan pesatnya perkembangan Startup di Indonesia dan dapat membuka peluang investasi Startup dari kalangan usaha Inggris dan Irlandia," ujar Dubes Rizal Sukma.
         Kehadiran Wali Kota Surabaya dan delegasi pada Strartup Nations Summit 2016 di Irlandia difasilitasi KBRI London yang juga terakreditasi untuk Irlandia. Startup Nations Summit diselenggarakan untuk kelima kalinya sebagai forum tahunan bagi pengambil kebijakan dan pemangku kepentingan Startup di seluruh dunia. Surabaya telah mencalonkan untuk menjadi tuan rumah Startup Nations Summit pada tahun 2018. (ZG) ***3***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 21-11-2016 06:07:23

Tidak ada komentar: