Sabtu, 11 Februari 2017

MUSKAT

KBRI MUSCAT KAMPANYE KESELAMATAN WNI BERLALU LINTAS
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 6/2 (Antara) - Kedutaan Besar Republik Indonesia Muscat bekerja sama dengan Diaspora Indonesia serta  perusahaan minyak dan gas Petroleum Development Oman (PDO), menggelar kampanye keselamatan berlalu lintas di Gedung Konsuler KBRI Muscat.
         PDO meluncurkan program kampanye keselamatan berlalu lintas bertajuk "Tell-A-Friend" untuk menurunkan tingkat kecelakaan di Oman yang saat itu dinilai cukup tinggi, demikian Pensosbud KBRI Muscat, Virgino Rikaryanto kepada Antara London, Senin.
         Pada 2016, angka kecelakaan berlalu lintas di negara ini berhasil diturunkan sebesar 32,8 persen dibandingkan tahun 2015, dari 6.279 kecelakaan menjadi 4.219. Sayangnya, jumlah kematian korban meningkat dari 675 menjadi 692, sebagian besar di antaranya merupakan orang asing.
         PDO bersama relawan mendatangi pusat-pusat keramaian, tempat perbelanjaan dan sekolah-sekolah untuk menjalankan kampanye ini, namun kegiatan di KBRI Muscat merupakan yang pertama kalinya diadakan untuk perwakilan asing di Oman.
         Sebagai tanda keseriusan PDO dalam menjalankan kampanye ini bagi warga Indonesia, Junaid Ghulam mewakili PDO menyampaikan sambutannya dalam bahasa Indonesia sehingga membuat para WNI yang hadir terkagum-kagum.
         Sementara itu, Dubes Musthofa Taufik Abdul Latif menyampaikan apresiasi kepada PDO dan Diaspora Indonesia Oman atas upaya aktif mereka dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.
         Musthofa mengatakan kampanye seperti ini perlu diadakan secara rutin, tidak hanya mengenai keselamatan berlalu lintas, tetapi juga di bidang lain seperti keselamatan kerja, antisipasi bencana alam dan cara menghadapi kebakaran. Budaya keselamatan harus ditanamkan sedini mungkin sehingga akan terus terbawa hingga dewasa, ujarnya.
         Bersamaan dengan kampanye "Tell-A-Friend", Diaspora Indonesia Oman juga menggelar Warung Diaspora di halaman KBRI Muscat. Berbagai macam hidangan khas tanah air tersedia pada acara tersebut, mulai dari es cendol, otak-otak, nasi rames hingga sate padang. Selain itu juga digelar hasil karya anak-anak peserta lokakarya menggambar yang diadakan Sanggar Seni Diaspora Oman. (ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 06-02-2017 05:29:03

Tidak ada komentar: